Tindakan doppler arteri dapat mengukur aliran darah di dalam pembulu darah dan arteri secara efektif dan akurat, terutama yang ditemukan pada kaki. Dengan demikian tindakan ini dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan darah menggumpal dan sirkulasi darah yang tidak lancar, dan membantu dokter mendiagnosa penyakit terkait dan kondisi kesehatn lainnya. Tindakan ini biasanya digunakan sebagai alternatif untuk tindakan pencitraan lain yang beriko, seperti venografi dan arteriografi yang keduanya melibatkan penggunaan pewarna yang disuntikkan ke dalam pembulu darah. Pewarna yang dimaksudkan adalah sebagai agen kontras, akan muncul dalam gambar sinar X untuk memvisualisasikan jaringan pembulu darah dan arteri dalam tubuh.

Pencintraan atau pemindaian USG adalah teknik menangkap gambar dari dalam tubuh manusia dengan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi, tanpa melibatkan pengguna rontogen. Gelombang suara yang dipancarkan dari perangkat genggam yang disebut probe atau transduser.

Cara Kerja Vascular Doppler



Gelombang suara frekuensi tinggi dikirimkan oleh tranduser ke area dimana probe diletakkan yang mana telah dilapisi gel penghantar sinyal. Gelombang ini merambat ke pembulu darah, dan akan terpantul ketika sinyal mengenai aliran darah. Semakin lancar aliran darah yang dilalui sinyal, semakin kecil frekuensi balik yang diterima tranduser. Tranduser kemudian menangkap sinyal suara balik dan mengirimkannya ke pengolah data pada alat untuk diiubah menjadi gambar atau nilai aliran. Hasil bacaan akan ditampilkan pada layar alat secara real time.

Vascular doppler dapat memberikan gambaran mengenai kondisi aliram darah pada vena dan arteri, termasuk vena dan arteri utama di area perut, lengan, kaki, leher dan kepala, juga daoat dilakukan untuk anak dan bayi.

Untuk Doppler Arteri tindakan ini tidak memerlukan banyak persiapan sebelumnya. Pasien hanya akan diasarankan untuk menghentikan penggunaan atau konsumsi produk dengan nikotin, seperto rokok dan mengunyah tembakau selama setengah jam sampai dua jam sebelum tindakan, hal ini diperlukan karena nikotin dikenal sebagai penyebab penyempitan pembulu darah yang dapat mempengaruhi hasil tindakan.
Tindakan ini dapat dilakukan oleh sonogram atau ahli radiologi, dan harus dilakukan dalam ruangan USG klinik atau rumah sakit. Pasien akan disarankan untuk menanggalkan perhiasan atau setiap pemakaian yang dapat menghambat mesin mengambil gambar berkualitas tinggi.
Gel akan dioleskan pada tranduser atau pada kulit pasien untuk memungkinkan transduser memantulkan gelombang suara yang lebih efesien. Gelombang suara kemudian akan menemukan arteri dan memantul kembali untuk menghasilkan gambar real time pada arteri di monitor
Untuk Doppler Vena Kaki tidak ada persiapan kusus yang dibutuhkan sebelum memulai pemeriksaan ini. Namun, pasien perokok akan diminta untuk berhenti merokok setidaknya sehari sebelum dilakukan pemeriksaan karena merokok akan menghambat hasil pemeriksaan. Hal-hal berikut ini mungkin akan dilakukan selama tindakan :

• Pasien akan diminta untuk berganti pakaian dengan gaun rumah sakit untuk kemudahan sebelum berbaring dimeja pemeriksaan atau tempat tidur.
• Teknisi atau dokter akan mengoleskan gel pada kulit atau pada transduser untuk memastikan kontak yang aman dengan tubuh dan untuk meningkatkan kulaitas gelombang suara ke daerah yang akan diperiksa. Dokter kemudian akan menggerekan transduser disepanjang kulit di berbagai lokasi yang lebih baik.
• Untuk pembulu darah arteri pada kaki, dokter akan mencari dimana keberadaan penyempitan pembulu darah. Ia juga mungkin akan memasangkan gelang pemeriksa tekanan darah di berbagai posisi kaki seperti pada paha, betis, dan pergelangan kaki untuk membandingkan tekanan darah bagan kaki yang sedang diperiksa dengan area kaki lainnya.
• Stelah proses pengambilan gambar, gel akan dibersihkan.
• Seluruh proses biasanya akan berlangsung selama satu jam dan pasien dapat meneruskan aktivitas kesehriannya.
• Hasil akan diberikan kepada dokter yang melakukan diagnosis dua atau tiga hari setelah tindakan dilakukan. Selama itu pasien diharapkan melakukan kunjungan lanjutan pada dokter.


Penggunaan vascular doppler sangat membantu untuk deteksi dini abnormalitas pada aliran darah. Di Galeri Medika menyediakan berbagai alat kesehatan yang pastinya 100% original, dapat mengirim barang ke penjuru nusantara dengan jasa yang terpercaya.