Selain Glenn Fredly, pelawak terkenal Indonesia yang bernama Olga Syahputra juga meninggal akibat penyakit meningitis yang di deritanya hingga dia menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 27 Maret 2015. Hal ini membuktikan bahwa penyakit meningitis atau radang selaput otak ini sangat berbahaya. Namun sudahkah kalian mengetahui apa itu radang selaput otak?

Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada meningen. Menigen adalah lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Meningitis terkadang sulit dikenali, karena penyakit ini memiliki gejala awal yang serupa dengan flu, seperti demam dan sakit kepala. Penyakit ini tak pandang usia. Semua termasuk bayi juga bisa terkena penyakit mematikan ini. Apabila tidak segera ditangani oleh dokter, penyakit ini bisa berakibat buruk, yaitu komplikasi seperti kejang dan gagal ginjal.

Meningitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Kondisi-kondisi tertentu, seperti melemahnya sistem imun tubuh, juga dapat memicu munculnya meningitis. Berikut ini, beberapa bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis.



1. Bakteri Streptococcus pneumoniae

Bakteri ini paling sering yang menyebabkan meningitis bakterialis. Meningitis akibat bakteri ini kerap dikaitkan dengan infeksi bakteri ini di bagian tubuh lain, seperti pneumonia, sinusitis, atau endokarditis.

2. Neisseria meningitidis

Penyebaran bakteri ini umumnya melalui pernapasan atau respirasi. meningitidis dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan pendarahan akibat kerusakan pembuluh darah. Untuk mengatasi infeksi bakteri ini, dapat digunakan antibiotik penisilin atau sefalosporin.

3. Haemophilus influenza

Haemophilus influenza tipe B atau Hib adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan meningitis pada anak-anak. Selain meningitis, bakteri ini juga dapat menyebabkan infeksi pada darah, tenggorokan, kulit, dan sendi. Organisme ini menghuni selaput lendir saluran pernapasan bagian atas, mulut, vagina, dan saluran usus.

4. Listeria monocytogenes

Bakteri tipe ini umumnya terdapat pada makanan, seperti melon, keju, dan sayuran mentah. Antibiotik yang paling efektif terhadap spesies Listeria termasuk Ampisillin, vankomisin, siprofloksasin, linezolid, azithromisin, dan kotrimoksazol.

5. Staphylococcus aureus

Bakteri tipe ini umumnya ditemukan pada kulit dan saluran pernapasan. Kondisi ini kerap di kaitkan dengan prosedur operasi di otak atau cedera otak. Keberadaan bakteri ini pada saluran pernapasan atas dan kulit pada individu jarang menyebabkan penyakit, individu sehat biasanya hanya berperan sebagai karier. Infeksi serius akan terjadi ketika resistensi inang melemah karena adanya perubahan hormon adanya penyakit, luka, atau perlakuan menggunakan steroid atau obat lain yang memengaruhi imunitas sehingga terjadi pelemahan inang.



Selain bakteri, ada juga virus yang dapat menyebabkan penyakit meningitis yaitu

• Virus Enterovirus
• virus herpes simplex
• virus HIV
• virus West Nile
• virus mumps

Masing-masing jenis virus memiliki pola penyebaran dan penularan yang berbeda-beda. Kemudian Meningitis yang disebabkan oleh jamur namun masih tergolong jarang terjadi. Meningitis tipe ini biasanya menyerang seseorang yang memiliki sistem imun lemah, seperti penderita kanker dan AIDS.

Beberapa jenis jamur yang dapat menyebabkan meningitis adalah cryptococcus, blastomyces, histoplasma, dan coccidioides. Jamur umumnya ini terdapat pada kotoran hewan seperti burung dan kelelawar. Penyebaran jamur dapat melalui tanah atau debu yang terkontaminasi dan terhirup oleh pasien.

Gejala meningitis dapat berbeda-beda, tergantung tipe, usia, dan keparahan kondisi pasien. Gejala yang umumnya muncul pada penderita meningitis yang berusia di atas 2 tahun meliputi:

• Demam tinggi
• Leher kaku
• Sakit kepala berat
• Kejang
• Sensitif terhadap cahaya
• Mual atau muntah
• Sulit berkonsentrasi atau kebingungan
• Ruam
• Nafsu makan berkurang

Umumnya untuk bayi yang berusia di bawah 2 tahun memiliki gejala yang sama, namun terdapat tambahan gejalanya yaitu  seperti adanya benjolan di bagian kepala dan bayi terus menangis. Ketika gejala ini muncul, pasien harus segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyakit berbahaya ini bisa dicegah yaitu dengan lakukan gaya hidup sehat dan selalu:

1. Selalu cuci tangan yang benar tiap kali melakukan aktivitas yang berkaitan dengan tangan seperti makan dan minum
2. Jaga jarak sama orang yang mengalami penyakit ini
3. Selalu gunakan masker saat sakit
4. Rajin berolahraga
5. Menghindari asap rokok
6. Istirahat yang cukup
7. Jangan berbagi makanan atau barang pribadi.

Selain itu, meningitis dapat dicegah dengan menggunakan beberapa vaksin yang disesuaikan resep dokter dan usianya.