Telinga merupakan bagian anatomi tubuh yang sangat berharga. Dia menangkap suara yang diantarkan melalui udara dan menghantarkannya ke otak kita. Bayangkan bila Anda sudah kurang bisa mendengarkan dengan jelas percakapan orang terhadap anda sebagai lawan bicaranya. Pasti anda akan diejek dan anda akan merasa kurang percaya diri dan membuat anda merasa terpuruk hanya karena kemampuan pendengaran anda kurang berfungsi padahal anda masih muda. Maka dari itu, usahakan jangan terlalu sering mendengarkan suara yang keras dan mendengarkan suara handphone menggunakan earphone. Mengapa demikian? Ada alasan mengapa Anda harus mengurangi penggunaan earphone yaitu.



Gangguan Telinga

Penggunaan earphone telah  menyebabkan peningkatan besar dalam prevalensi gangguan pendengaran pada remaja dan dewasa muda. Hal ini terjadi ketika gelombang suara mencapai telinga kita, mereka menyebabkan  gendang telinga  bergetar. Getaran ini ditransmisikan ke telinga bagian dalam melalui beberapa tulang kecil, di mana ia mencapai  koklea. Koklea adalah ruang berisi cairan di telinga Anda yang berisi ribuan "rambut" kecil. Ketika getaran suara mencapai koklea, cairan di dalamnya bergetar dan menyebabkan rambut bergerak. Suara yang lebih keras menyebabkan  getaran yang lebih kuat, yang menyebabkan rambut bergerak lebih banyak.
Ketika Anda mendengarkan earphone yang lebih lama, maka sensitivitas pada rambut di koklea Anda menjadi berkurang akibat dari mendengarkan suara yang sangat dekat dalam waktu yang cukup lama apalagi jika volumenya sangat tinggi. Itulah sebabnya handphone saat ini memiliki batasan volume yang dianjurkan ketika menggunakan earphone.

Efek Radiasi

Radiasi yang dipancarkan melalui handphone dan tersalurkan dengan earphone terutama earphone bluetooth. Radiasi yang dihasilkan oleh handphone berisiko penyakit tumor di otak serta kanker terutama pada anak-anak dan ibu hamil. Maka dari itu selain kurangi penggunaan earphone, mengurangi penggunaan handphone juga sanga penting.

Kuman dan Bakteri pada Bagian Telinga Earphone

Apabila earphone tidak sering dibersihkan, kuman dan bakteri akan berkembang lebih cepat yang memungkinkan bahaya bila masuk ke telinga anda.

Kita sudah mengetahui kan bahaya menggunakan earphone jika dipakai terlalu lama dengan volume yang cukup besar. Lantas bagaimana cara agar kita terhindar dari kecanduan mendengarkan musik.

1. Ketika berada di transportasi umum, gunakan waktu luang anda untuk membaca artikel, berita, atau buku baik melalui media cetak seperti koran maupun elektronik seperti gadget anda juga boleh mendengarkan musik dengan earphone. Namun perlu diingat bahwa dengarkan musik hanya 20 hingga 30 menit dengan batasan volume yang wajar. Atau anda bisa melihat dan mengabadikan pemandangan saat di jalan. Anda akan bisa melihat pemandangan yang indah yang bisa, buat video atau foto dan diunggah ke sosial media bisa menjadi aktivitas yang bisa menghilangkan kebosanan di transportasi umum.
2. Jangan ragu atau malu untuk mendengarkan musik tanpa earphone di tempat yang wajar seperti rumah dan kantor dengan catatan tidak membuat orang di sekitar anda terganggu dengan volume suara yang berlebihan. Maka dari itu kecilkan volumenya jika anda merasa suaranya keras dan mengganggu orang lain.
3. Jika anda berada di tempat yang ramai dan bising. Carilah tempat yang nyaman buat anda untuk mendengarkan lagu atau menonton video tanpa earphone.
4. Jangan mendengarkan lagu atau mengangkat telepon baik dengan earphone maupun tanpa earphone saat berkendara kendaraan roda dua atau roda empat. Patuhi lalu lintas anda bisa berhenti terlebih dahulu untuk mengangkat telepon seseorang yang penting atau bisa kirim pesan untuk jangan menelepon dahulu karena masih berada di perjalanan.
5. Dengan teknologi yang semakin canggih, anda bisa menonton video atau film yang ada di Internet pada televisi anda dengan menyambungkan koneksi internet di televisi yang sudah kompatibel. Jadi anda bisa menonton video di sosial media atau youtube di televisi anda.



Kesimpulan

Itulah bahaya menggunakan earphone dan cara mencegahnya. Perlu diingat bahwa sesuatu yang berlebihan dari hal apapun sangat tidak baik bahkan hanya mendengarkan suara handphone menggunakan earphone. Jangan berlebihan menggunakan earphone dan bila kemampuan telinga anda dalam mengedarkan suara mulai mengurang. Segera kunjungi dokter spesialis telinga dan gunakan alat bantu dengar yang pas dengan telinga anda.


Sumber :
https://doktersehat.com/bahaya-pemakaian-headset-bagi-telinga-dan-otak/
https://www.halodoc.com/ini-bahayanya-terlalu-sering-menggunakan-earphone
https://audiorecovery.com/blog/do-headphones-increase-your-risk-hearing-loss/
https://www.alodokter.com/ini-fakta-tentang-bahaya-radiasi-hp