Ada beberapa bagian nebulizer yang sangat penting untuk diketahui, yaitu:

1. Compressor

 

 

 

Yaitu berupa mesin yang mengubah obat cair menjadi uap. Kekurangannya ialah suara yang dihasilkan sangat bising. Maka dari itu bisa mencari compressor yang minim tingkat desibelnya. Sehingga nyaman digunakan ketika tidur.

2. Nebulizer kit.

 

 

 

Atau bisa juga disebut tempat obat, berfungsi sebagai tempat meletakan obat cair. Biasanya berbentuk seperti tabung. Nebulizer kit memiliki Batasan takaran per mililiter. Konsultasikan ke dokter mengenai jenis obat dan takaran yang harus diberikan serta durasi yang pas bagi penderita penyakit pernapasan

3. Air fiiler.

 

 

Bagian nebulizer yang berfungsi menyaring udara. Jadi udara yang dihasilkan saat nebulisasi menjadi lebih bersih. Bagian ini harus segera diganti apabila sudah berwarna hitam.

4. Mouthpiece.

Yaitu bagian yang seperti sedotan besar yang ditekut untuk dimasukan ke dalam tubuh. Bagi anak-anak yang takut menggunakan nebulizer, tersedia juga mouthpiece yang berbentuk boneka yang lucu untuk mengalihkan perhatian anak anda.

5. Masker nebulizer

Yang berbentuk seperti masker dan bisa menjadi pengganti mouthpiece apabila ingin menghirup nebulizer dengan hidung. Untuk masker sendiri ada yang untuk dewasa, dan ada yang untung anak-anak.

6. Selang nebulizer

 

Selang menjadi penghubung antara compressor dengan tabung obat yang fungsinya menghantarkan udara yang tersaring oleh compressor ke dalam tabung obat