Kontipasi atau yang dikenal juga dengan sebutan sembelit adalah kondisi sulit buang air besar. Konstipasi atau sembelit adalah frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Walaupun frekuensi buang air besar setiap orang bisa berbeda-beda, namun umumnya dalam satu minggu, manusia buang air besar setidaknya lebih dari 3 kali. seseorang dapat dinyatakan mengalami konstipasi jika buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Akibatnya, tinja menjadi kering dan keras sehingga lebih sulit dikeluarkan dari anus.

Gangguan pencernaan sering kali dipandang sepele, padahal jika dibiarkan berlarut-larut hal ini bisa mengakibatkan kanker usus besar. Pada umumnya, wanita lebih sering terkena sembelit karena dipengaruhi oleh faktor fisiologis dan hormonal.

Penyebab Susah Buang Air Besar Atau Sembelit



Sembelit merupakan suatu keadaan di mana waktu transit makanan dalam usus berlangsung lebih dari 72 jam. Akibat banyak sisa-sisa makanan yang tertinggal terlalu lama, usus besar akan menyerap air makin banyak, sehingga membuat tinja menjadi keras dan kering. Pengeluaran tinja yang lambat terjadi akibat kebiasaan makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, kebiasaan menunda buang air besar serta stres berlebih. Jika ini berlangsung terus menerus, lama kelamaan penderitanya akan berisiko terkena kanker usus besar. Namun, konstipasi juga bisa menjadi gejala dari suatu penyakit, seperti:

• Penyakit pada usus atau rektum, seperti penyumbatan usus, kanker usus besar, fisura ani, dan kanker rektum.
• Gangguan saraf, yang biasanya terjadi pada pengidap penyakit Parkinson, cedera saraf tulang belakang, stroke, dan multiple sclerosis.
• Gangguan pada otot penggerak usus, seperti pada dyssynergia.
• Gangguan hormon, yang bisa disebabkan oleh diabetes, hiperparatiroidisme, kehamilan, atau hipotiroidisme.

Suplemen Untuk Susah Buang Air Besar Atau Sembelit


Vegeta Herbal 6 Sachet Aroma Anggur




Vegeta herbal merupakan suplemen yang terdiri dari kombinasi serat, laksatif alami, dan anti kembung yang berasal dari tumbuhan alami yang berfungsi untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, vegeta dapat membantu membersihkan tubuh dari zat beracun. Obat herbal ini diperuntukkan bagi orang yang mengalami susah buang air besar. Vegeta Herbal memiliki kandungan utama berupa Plantago ovata atau psyllium. Serat ini tidak dicerna dan dapat menyerap air di dalam usus, sehingga tinja menjadi lebih lunak dan buang air besar menjadi lebih mudah.Tiap kemasan Vegeta Herbal berukuran 5 gram mengandung komposisi berikut:

• 500 mg Plantago ovata semini endosperm pulveratum.
• 100 mg Daun Jati Cina (Cassia sennae folium extract).
• 60 mg ekstrak Akar Manis (Liquirittae radix extract).
• 50 mg ekstrak Buah Adas (Foeniculi vulgare fructus extract).
• 25 mg ekstrak Akar Kelembak (Rheum officinale radix extract).

Perhatian

- Berikan setelah makan
- Dosis 1 x sehari 1 bungkus sebelum tidur, dosis dapat ditingkatkan menjadi 2 x sehari apabila diperlukan.
- Tidak dianjurkan untuk anak dibawah 12 tahun, wanita hamil dan menyusui, pasien dengan gangguan usus


Vegeta Hi-Fiber Serat Scrubber




Scrubber merupakan suplemen serat yang terbuat dari tumbuhan-tumbuhan alami pilihan seperti Plantago Ovata dan akar Chicory yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Scrubber dapat bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar, mencegah wasir, membantu diet dengan cara mengikat lemak dari makanan, membantu menurunkan kolesterol. Plantago Ovata merupakan suplemen serat yang sudah diakui oleh FDA. Serat Inulin Chicori dikenal sebagai zat prebiotik, yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menekan bakteri jahat penyebab diare. Tiap kemasan Vegeta Hi-Fiber Serat Scrubber berukuran 7.1 gram mengandung komposisi berikut : gula, polidekstrosa, pegatur keasaman, psyllium (7%), dekstosa, perisa alami, penstabil dipati fosfat, Antikempal, pemanis buatan (aspartam dan asesulfam-K), konsentrat sari buah jeruk (1,4%), oligosakarida, garam, penstabil nabati, pewarna (kuning FCF Cll 15985 dan Tartazin Cl 19140).

Perhatian

- 1 kali sehari 1 bungkus sebelum tidur, dosis dapat ditingkatkan menjadi 2 kali sehari bila diperlukan
- Berikan setelah makan
- Simpan dibawah suhu 30 derajad Celcius
- Mengandung fenilalanin, tidak cocok untuk penderita feniketonurik
- Mengandung gula dan pemanis buatan, tidak disarankan dikonsumsi oleh anak dibawah 5 tahun, ibu hamil dan ibu menyusui

Efek Samping Obat Pencahar

Belum ada penelitian yang menunjukkan interaksi antara Vegeta Herbal dengan obat-obatan lainnya. Namun penggunaan berlebih dapat menimbulkan efek samping berupa mual, perut kembung, tinja menjadi cair (diare), hipokalemia, kekurangan elektrolit, atau kram perut.


Minumlah Vegeta Herbal dengan dicampur segelas air. Vegeta Herbal sebaiknya dikonsumsi setelah makan malam. Selama mengonsumsi obat ini, minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari. Jika Anda juga menggunakan obat lain, beri jeda 2-3 jam sebelum mengonsumsi Vegeta Herbal.