Masyarakat umumnya beranggapan bahwa ketiga produk tersebut terutama sarung tangan latex dapat mencegah penyebaran dan penularan covid-19. Namun, benarkah demikian?

Sarung tangan adalah salah satu perlengkapan penting yang biasa digunakan dalam rumah sakit. Sarung tangan biasanya digunakan pada tindakan medis yang membutuhkan alat dan bahan yang steril agar tidak mengakibatkan terjadinya infeksi pada diri pasien. Tindakan yang memerlukan sarung tangan steril yaitu seperti penanganan pasien yang mendapat luka terbuka, membantu proses persalinan saat operasi, pemasangan kateter dan lain sebagainya. Tidak hanya saat menangani pasien, sarung tangan steril juga digunakan saat menyentuh alat atau yang memerlukan kondisi tangan steril pada saat di laboratorium.


Dikutip dari The Independent, pada dasarnya sarung tangan berbahan dasar karet memiliki peran yang sangat penting dalam dunia kedokteran, tetapi hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan sarung tangan karet tersebut bermanfaat untuk masyarakat umum. Pada umumnya sarung tangan latex merupakan sarung tangan biasa yang mendapatkan perlakuan khusus, yaitu disterilisasi yang membuat kondisi sarung tangan menjadi steril dalam jangka waktu tertentu. Tujuan diadakanya sterilisasi pada sarung tangan adalah supaya mikroorganisme yang terdapat pada sarung tangan tersebut mati dan tidak pindah pada tubuh manusia pada saat digunakannya.


Tidak Boleh digunakan di Tempat Umum



Public Health England (PHE) dan World Health Organization (WHO) dengan tegas merekomendasikan untuk tidak menggunakan sarung tangan karet untuk perlindungan masyarakat secara umum. Jika Anda menyentuh permukaan yang kotor dengan sarung tangan dan kemudian tanpa sadar menyentuh wajah Anda, sebaiknya Anda tidak memakainya sama sekali. Sebab, sarung tangan hanya akan berfungsi jika Anda mengganti dan mencucinya secara metodis, selayaknya Anda mencuci tangan. Bahkan sarung tangan nitrile yang dikenakan di laboratorium, yang dapat dibersihkan dengan semprotan alkohol atau hand gel harus diganti secara teratur. Dalam mencegah penyebaran covid-19, PHE menjelaskan agar lebih memprioritaskan kebersihan diri sendiri, kesehatan pernapasan, dan melakukan praktik cuci tangan sesering mungkin.

Seorang ahli virologi dari Imperial College London juga menjelaskan bahwa penggunaan sarung tangan berbahan apapun, misalnya yang berbahan karet memberikan perasaan aman yang palsu. Dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir justru merupakan cara pencegahan yang paling baik.


Tata Cara Penggunaan Sarung Tangan Steril



Sebelum menggunakan sarung tangan steril harap pastikan bahwa Anda tidak memiliki kuku yang panjang dan juga tidak memakai cincin. Jika memakai cincin sebaiknya dilepas terlebih dahulu dan pastikan tangan sudah dicuci dengan menggunakan sabun juga sudah dikeringkan. Berikut cara menggunakan sarung tangan steril yang benar :

1. Buka pembungkus sarung tangan steril dengan hati-hati yang dilakukan dengan cara menyibaknya ke arah samping. Kemudian pegang kemasan pada bagian dalam dan buka.
2. Perhatikan sarung tangan yang kiri dan kanan, biasanya sarung tangan steril memiliki ukuran kanan kiri yang berbeda, dan memang didesain sarung kanan untuk tangan sebelah kanan dan sebaliknya.
3. Gunakan sarung tangan bagian kanan dengan menggunakan bantuan tangan sebelah kiri. Jangan membiarkan sarung tangan tergulung.
4. Tarik menggunakan ibu jari dan pastikan ibu jari dan jari lainnya memegang dengan tepat. Pastikan jari-jari tangan masuk pada tempat yang tepat.
5. Ujung baju harus masuk ke dalam sarung tangan steril dengan memerhatikan bahwa Anda telah steril dan tidak terkontaminasi.
6. Lakukan/ulangi cara pemakaian pada tangan yang satunya.

Untuk cara melepaskannya yaitu dengan menarik ujung-ujung sarung tangan sampai terlepas dan segera buang pada tempat sampah khusus medis.


Cara Mencegah Penularan COVID-19



Cara tepat untuk menjaga diri Anda dan orang lain dari virus corona saat ini adalah dengan mencuci tangan dengan air dan sabun dengan rutin, atau menggunakan hand sanitizer bila tidak ada air mengalir dan rutin mandi guna membersihkan bakteri yang mungkin menempel pada tubuh. Kemudian jika Anda batuk atau bersin sebaiknya ditutupi dengan tisu, dan jangan lupa untuk langsung membuang tisu tersebut dan segeralah mencuci tangan Anda. Selain mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri, WHO juga menyarankan untuk menghindari menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung atau mulut dengan menggunakan tangan karena dengan cara tersebutlah virus bisa masuk ke dalam tubuh Anda.



kesimpulan

Tidak perlu panik akan langkanya produk kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan sarung tangan steril di pasaran. Sebab langkah tepat untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan menjaga kebersihan diri Anda sendiri dan anggota keluarga lainnya. Prioritaskan orang-orang yang lebih membutuhkan tiga produk kesehatan tersebut seperti petugas medis dan pasien yang telah positif covid-19 untuk memutus rantai penyebaran virus itu sendiri.