Darah adalah komponen penting dalam tubuh, ada sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), plasma darah, fragmen darah (trombosit). Dalam sel darah merah terdapat Hemoglobin. Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh. Protein dalam sel darah merah yang memberikan warna merah pada darah. Strukturnya terdiri dari 4 rantai. Setiap rantai mengandung senyawa yang disebut heme, yang mengandung zat besi. Selain itu, Hb juga berperan dalam pembentukan sel darah merah atau eritrosit yang terbentuk bulat dengan bagian tengahnya lebih pipih yang bertujuan mempermudah sel darah merah bergerak dalam pembuluh darah.

Kadar Hemoglobin Normal


 

 

Ketika tubuh kekurangan hemoglobin maka akan terjadi anemia yang dapat menimbulkan sejumlah keluhan dan gangguan kesehatan. Agar dapat berfungsi dengan baik, kadar hemoglobin dalam darah harus berada dalam kisaran normal. Berikut adalah kadar hemoglobin normal pada tubuh.

 

 

• Pada laki-laki kadar hemoglobin normal 14-18 g/dL
• Pada Perempuan kadar hemoglobin normal 12-16 g/dL

Seseorang dikatakan mengalami kekurangan hemoglobin apabila kadar Hb seseorang lebih rendah dari batas normal. Kadar hemoglobin dapat diketahui melalui tes darah. Pada sebagian orang kadar hemoglobin rendah bisa jadi tidak menimbulkan gejala. Namun jika kadar Hemoglobin terlalu rendah umumnya ditandai gejala seperti mudah lelah, sakit kepala, sesak napas, warna kulit cenderung pucat.

 

Cara Mengatasi Kekurangan Hemoglobin

 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin sebagai berikut

Meningkatkan Asupan Zat Besi


 

Makanan yang mengandung zat besi (Fe) bisa membantu meningkatkan produksi Hb dalam darah. The National Institutes Of Healt's Office Of Dietary Supplements merekomendasikan bahwa pria memerlukan 8 mg zat besi per hari, sedangkan wanita harus mendapatkan hingga 18 mg per hari. Pada ibu hamil harus mendapatkan hingga 27 mg sehari.

 

Meningkatkan Makanan Kaya Folat

Makanan yang kaya akan folat dapat meningkatkan produksi Hb dalam tubuh. Folat adalah vitamin B yang digunakan untuk menghasilkan heme (bagian dari sel darah yang mengandung Hb). Tanpa folat yang cukup sel darah merah tidak dapat terbentuk dengan baik. Ketika Hb tidak terbentuk dengan baik seseorang akan berisiko anemia.

Mengonsumsi Makanan Laut

Mengonsumsi makanan laut juga efektif meningkatkan kadar Hb dalam darah. Misalnya tuna, kerang, salmon dll.

 

 

Kesimpulan

 

 

Seseorang yang mengalami anemia umumnya ditandai dengan gejala warna kulit cenderung pucat, pusing, sesak napas, jantung berdebar cepat. Jika kamu mengalami kondisi tersebut periksakan ke dokter untuk memastikan karena bisa jadi menandakan adanya penyakit tertentu, terlebih jika sudah menimbulkan gejala berat.