Kalori adalah satuan untuk mengukur jumlah energi dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kita semua membutuhkan energi ini untuk hidup dan tetap sehat. Segala sesuatu yang kita lakukan bergantung pada energi yang didapat dalam bentuk kalori.

Makanan yang kita konsumsi menjadi bahan bakar yang menggerakkan tubuh kita. Makanan sehat menyediakan kalori atau energi dan nutrisi yang penting untuk membangun tulang dan otot yang kuat. Minuman juga mengandung kalori. Tetapi tidak semua kalori sehat. Soda, misalnya, ada yang menyebutnya sebagai kalori kosong. Dinamakan demikian karena soda memberikan kalori tetapi tidak memiliki nilai gizi lain.

Kalori dalam makanan dan minuman memberikan energi penting maka dari itu kalori adalah hal yang wajib ada dalam tubuh manusia, tetapi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak, berat badan Anda akan bertambah. Kelebihan kalori membuatnya tersimpan sebagai lemak tubuh. Tubuh Anda membutuhkan lemak yang disimpan untuk tetap sehat. Tetapi terlalu banyak lemak dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Jadi, bagaimana Anda memastikan bahwa Anda tidak makan terlalu banyak kalori? Penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan kalori Anda yaitu jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melakukan fungsi metabolisme dasar dan aktivitas fisik harian. Anda dapat menghitung kebutuhan kalori Anda menggunakan rumus sederhana.

Kalori

Kebutuhan kalori antara laki-laki dan perempuan berbeda. Secara umum, laki-laki membutuhkan 2.000-3.000 kalori setiap harinya. Sementara itu, perempuan memerlukan sekitar 1.600-2.400 kalori setiap hari. Namun, tidak semua orang memiliki kebutuhan kalori yang sama, meski satu jenis kelamin. Ada banyak faktor yang memengaruhi kebutuhan kalori harian seseorang, seperti:


• Usia
• Berat badan
• Tinggi badan
• Gaya hidup
• Tingkat kebugaran
• Jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari


Dengan kecanggihan teknologi, kini kita bisa mengukur kebutuhan kalori kita melalui aplikasi di ponsel pintar atau jam pintar.

Selain itu, cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui jumlah asupan kalori yang kita butuh kan adalah dengan rumus kebutuhan kalori basal (KKB) yang dibuat oleh pemerintah untuk mengetahui jumlah asupan kalori yang diperlukan oleh tubuh kita.

Pertama, perlu diketahui terlebih dahulu tinggi badan Anda (dalam satuan cm). Kemudian, hitung berat badan ideal (BBI), dengan rumus:


BBI = (TB-100) – (10% dari hasil TB-100)

BBI akan digunakan untuk mengetahui kebutuhan kalori dasar (KKB) dengan rumus perhitungan:

Laki-laki = 30 kkal x BBI, Perempuan = 25 kkal x BBI.

Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang laki-laki dengan tinggi badan 165 cm, maka BBI Anda adalah:

BBI = (165-100) – (10% x (165-100)
= 65 – (10% x 65)
= 65 – 6,5
= 58,5 kg


Lalu, karena Anda adalah seorang laki-laki, maka kebutuhan kalori basal harian adalah: KKB Perempuan = 30 kkal x 58,5 = 1.755 kkal.

Pada penghitungan yang lengkap atau kebutuhan kalori total, akan dipertimbangkan juga aktivitas harian yang sering dilakukan. Hasilnya, tentu akan berbeda dari KKB. Agar Anda tidak bingung cobalah untuk datang atau hubungi ahli gizi atau dokter spesialis gizi untuk mengetahui kebutuhan kalori harian Anda yang lebih akurat.


Mengapa kita perlu mengetahui jumlah kalori harian kita?


Karena apabila kita mengonsumsi makanan melebihi jumlah asupan kalori yang kita perlukan setiap hari, maka risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, stroke bisa menimpa Anda sebagai akibat dari penumpukannya cadangan lemak pada tubuh Anda.


Makanan yang mengandung kalori yang cukup tinggi


1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan berkalori tinggi. Bahkan untuk jenis kacang kenari, jumlah kalorinya bisa mencapai 185 kalori per 25 gramnya. Selain kenari, jenis kacang-kacangan yang juga mengandung kalori tinggi adalah kacang mete, kacang almond, dan kacang tanah.

2. Alpukat
Alpukat walau termasuk buat yang lezat dan menyehatkan ternyata alpukat termasuk salah satu jenis buah berkalori tinggi. Dalam satu buah alpukat yang berukuran sedang dengan berat 200 gram, terdapat sekitar 332 kalori.

3. Ubi jalar
Makanan yang banyak mengandung kalori selanjutnya adalah ubi jalar. Untuk satu ubi jalar berukuran sedang terkandung sekitar 180 kalori.

4. Nasi putih
Nasi putih juga termasuk ke dalam makanan berkalori tinggi. Makanan wajib bagi masyarakat Indonesia ini mengandung sekitar 240 kalori per tiap mangkuk kecilnya.