Alat Bantu Dengar Untuk Pendengaran yang lebih baik

Setiap bagian telinga memiliki peranan penting dalam menyediakan informasi bunyi ke otak. Kerusakan salah satu atau beberapa bagian dari telinga luar, tengah atau dalam dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Siapapun yang mengalami gangguan pendengaran parah atau cukup berat akan mengetahui bagaimana kondisi tersebut dapat mengisolasi mereka. Namun hal ini sebenarnya dapat disiasati dengan mudah, yaitu dengan menggunakan alat bantu dengar.

Dengan alat bantu dengar, banyak manfaat yang dapat diperoleh. Manfaat yang utama adalah agar proses komunikasi tetap berjalan lancar. Suara yang tadinya hanya terdengar samar atau bahkan tak lagi terdengar, bisa dinikmati jelas dengan bantuan perangkat ini. Dengan pengaturan yang tepat, alat bantu dengar dapat mengurangi laju penurunan dan pada beberapa kasus dapat mempertahankan tingkat pendengaran sesesorang.

Desain alat bantu dengar kini pun berubah. Tak lagi dengan ukuran besar, kini banyak alat bantu dengar yang berukuran kecil sehingga tidak mengganggu penampilan, bahkan tidak terlihat. Ketimbang mengganggu percakapan karena Anda terus meminta lawan bicara mengulang ucapan, tak ada salahnya untuk menggunakan alat bantu dengar, bukan?

 

Tentang Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar merupakan suatu alat akustik listrik yang dapat digunakan oleh manusia dengan gangguan fungsi pendengaran pada telinga. Biasanya alat ini dapat dipasang pada bagian dalam telinga manusia ataupun pada bagian sekitar telinga.

Alat bantu dengar tersebut dibuat untuk memperkuat rangsangan bagian sel-sel sensorik telinga bagian dalam yang rusak terhadap rangsangan suara dan bunyi-bunyian dari luar. Alat bantu dengar tersebut merupakan sebuah alat elektronik yang menggunakan baterei dimana dalam pemakaiannya terdapat mikrofon yang mengubah gelombang dari suara tersebut menjadi energi listrik yang kemudian diterima amplifier yang dapat memperbesar volume suara dan mengirimkannya pada speaker yang ada pada bagian dalam telinga.

Secara umum, pada alat bantu dengar yang beredar di pasaran terdapat pengatur volume suara, sehingga output suara yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan ambang pendengaran pengguna alat tersebut.

 

Macam – Macam Alat Bantu Dengar:

Model dalam telinga ( ITE)

Alat bantu dengar dengan model dalam telinga (in the ear aids / ITE) dapat digunakan untuk penderita gangguan pendengaran kategori ringan sampai dengan kategori sedang. Alat ini memberikan kenyamanan yang lebih kepada pemakainya karena terletak pada bagian dalam dan tidak tampak dari luar. Didalam komponen alat ini terpasang telecoil yang merupakan suatu kumparan magnet kecil yang dapat memungkinkan pengguna alat bantu dengar tersebut untuk lebih nyaman dalam bertelepon.

 

Model belakang telinga (BTE)

Jenis ini dipasang pada bagian belakang telinga. Dapat digunakan pada kondisi kerusakan telinga kategori ringan sampai berat. Alat ini menggunakan komponen cetakan telinga (earmuld) yang berfungsi sebagai penjernih suara.


Model pocket / saku

Alat bantu dengar model pocket ini, merupakan alat bantu dengar dengan model seperti walkman. Mic, amplifier dan baterai terdapat dalam box khusus yang dapat ditaruh disaku, sedangkan receiver berada di telinga dengan menggunakan kabel yang menghubungkan antara amplifier dan receiver. Alat bantu bantu dengar ini lebih cocok untuk orang dewasa, apabila digunakan pada anak – anak dapat mengganggu aktifitas anak