Makanan sehat sering dianggap tidak enak, padahal banyak jenis makanan sehat yang terasa lezat, namun kerap terlupakan. Mengonsumsi makanan sehat memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi diri dari ancaman penyakit kronis.
Konsumsi makanan sehat, tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja. Mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru dapat memberikan nutrisi berbeda-beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh. Dengan nutrisi yang lengkap, tubuh tidak akan mudah jatuh sakit dan tercegah dari berbagai penyakit.

Jenis-jenis Makanan yang Sehat



Kelompok makanan sehat di bawah ini harus ada dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Serealia

Beras, gandum, serta produk olahannya masuk dalam kategori makanan sehat jenis serealia. Namun, Anda sebaiknya memilih serealia yang terbuat dari biji-bijian utuh karena makanan ini masih kaya akan serat yang dapat menjaga kesehatan sistem percernaan.

Sayur-mayur

Semua jenis sayur, terutama sayuran hijau, adalah makanan sehat yang harus ada dalam menu harian Anda. Bahan makanan ini bisa dikonsumsi mentah atau dimasak dengan berbagai cara, seperti ditumis, dikukus, dipanggang, dan lain-lain.

Buah-buahan

Sebaiknya pilih buah utuh yang masih segar dibanding jus buah maupun buah kering. Buah biasanya dikonsumsi sebagai makanan selingan yang menyehatkan, misalnya pisang di pagi hari, apel untuk snack siang, dan buah-buahan berry untuk camilan sore.

Protein nabati dan hewani

Nutrisi yang satu ini bisa berasal dari hewan maupun tumbuhan. Protein hewani berasal dari daging sapi, domba, kambing, babi, ayam, itik, ikan, dan telur. Sedangkan protein nabati berasal dari polong-polongan (buncis dan kawan-kawan), kacang-kacangan (kacang merah dan lain- lain), dan biji-bijian termasuk produk olahannya (tempe, tahu, dan lain-lain.

Susu dan produk alternatifnya

Segala produk susu dan olahannya (yogurt dan keju) merupakan sumber makanan sehat yang bagus untuk tubuh. Susu yang beredar di pasaran biasanya terbuat dari susu sapi. Namun bila Anda memiliki alergi atau intoleransi laktosa, alternatifnya adalah mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang kedelai atau almond.

Kenali Berbagai Jenis Makanan yang Perlu dihindari

Selain perlu mengonsumsi makanan sehat, Anda juga harus mengenali makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu gangguan kesehatan.

Pertama, hindari makanan dan minuman yang ditambahkan gula. Apabila sering dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memicu terjadinya resistensi insulin di tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kemudian, hindari makanan cepat saji atau junk food, seperti kentang goreng, ayam goreng, dan keripik. Makanan jenis ini memiliki kalori tinggi, tetapi sedikit nilai nutrisinya. Selain itu, makanan cepat saji dapat mendorong makan berlebihan.
Hindari juga makanan atau minuman yang tidak sehat lainnya, seperti permen, es krim, daging olahan, dan keju olahan. Namun, apabila Anda ingin mengonsumsinya, sebaiknya hanya dilakukan sesekali saja.

Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang seimbang, demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa mencoba kreasi dan kombinasi berbagai jenis makanan sehat dalam variasi sajian yang menarik setiap harinya. Jangan lupa untuk melengkapi pola makan sehat Anda dengan pola hidup yang sehat pula, yakni dengan memperbanyak konsumsi air putih, istirahat yang cukup dan rutin olahraga. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Tips Makan Makanan Sehat



Ada beberapa tips agar nutrisi dalam bahan makanan tersebut dapat dimaksimalkan oleh tubuh, yaitu:

• Jadikan sumber karbohidrat Anda adalah makanan sehat yang kaya akan serat. Karbohidrat terdapat pada beras, kentang, roti, pasta, dan sereal. Sedangkan sumber karbohidrat dengan kandungan serat lebih tinggi terdapat pada sereal gandum utuh, nasi merah, dan kentang yang masih berkulit.
• Konsumsi buah dan sayur sebanyak mungkin.
• Pilih protein hewani yang berasal dari laut, termasuk ikan yang mengandung lemak baik, seperti salmon, makarel, dan sarden. Anda juga dapat mengonsumsi ikan dengan sedikit lemak, seperti tuna dan ikan kod.
• Batasi konsumsi gula dan lemak jenuh, misalnya gorengan, kue, makanan cepat saji, hingga makanan beku. Terlalu banyak konsumsi lemak jenuh akan menyebabkan peningkatan kolesterol yang mengarah pada berbagai penyakit jantung, sedangkan konsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan obesitas hingga kerusakan gigi.
• Batasi konsumsi garam hingga maksimal 6 gram atau sekitar 1,5 sendok teh per hari untuk orang dewasa.
• Dukung konsumsi makanan sehat dengan gerak aktif dan olahraga. Pastikan juga Anda memiliki berat badan yang ideal.
• Minum air putih yang banyak agar tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Normalnya, tubuh membutuhkan 6-8 gelas per hari, termasuk air putih, jus, bahkan kopi, teh, dan minuman beralkohol.
• Pastikan Anda tidak pernah melewatkan sarapan, bahkan ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Sarapan dengan makanan sehat akan membuat tubuh Anda mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari.