Kadar gula darah merupakan jumlah glukosa yang ada di dalam darah seseorang pada suatu waktu tertentu. Glukosa merupakan sumber energi utama tubuh yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi salah satunya adalah karbohidrat. Kadar gula darah yang normal dapat menjaga fungsi tubuh agar bekerja dengan baik.

Terdapat dua kondisi kadar gula didalam darah yang dapat menjadi tanda masalah kesehatan yaitu kadar gula darah rendah (Hipoglikemia) dan kadar gula darah tinggi (Hiperglikemia). Hipoglikemia merupakan suatu kondisi dimana kadar glukosa darah turun di bawah angka normal, sehingga dapat menyebabkan kondisi gemetar, pusing, kebingungan, bahkan kehilangan kesadaran jika tidak ditangani dengan cepat. Di sisi lain, hiperglikemia adalah kondisi ketika kadar gula darah terlalu tinggi, dan biasanya berkaitan dengan diabetes.

Kondisi kadar gula darah yang tinggi (Hiperglikemia) yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang seperti kerusakan organ dan pembuluh darah. Pemantauan kadar gula darah secara rutin dapat mencegah dari hipoglikemia ataupun hiperglikemia. Cek kadar gula darah secara rutin menggunakan alat cek gula darah atau glukometer. Glukometer ini dapat dibeli dengan mudah di Toko Galeri Medika. Selain rutin cek kadar gula darah, mengubah pola hidup menjadi sehat juga dapat mencegah terjadinya kadar gula darah yang tinggi.

9 Cara Menurunkan Kadar Gula di dalam Darah secara Alami

Cara Menurunkan Kadar Gula di dalam Darah secara Alami

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh secara alami. Yuk, baca artikelnya hingga selesai ya untuk mengetahui cara menurunkan kadar gula darah secara alami.

1. Batasi Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan jenis nutrisi yang dipecah menjadi gula di dalam tubuh. Beberapa makanan memiliki kandungan karbohidrat tinggi seperti:

  • Makanan manis: Kue-kue dan permen
  • Roti, Pasta, Nasi
  • Minuman bersoda, jus kemasan
  • Buah dan sayur yang mengandung pati seperti kentang

Karbohidrat terbagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana mudah dipecah dan diserap sehingga dengan cepat dapat meningkatkan kadar gula didalam darah. Karbohidrat kompleks memiliki struktur yang lebih lambat dipecah sehingga peningkatan gula darah menjadi lebih lama.

Membatasi konsumsi karbohidrat dan mengganti karbohidrat sederhana menjadi kompleks dapat menurunkan kadar gula didalam darah. Dengan melakukan diet rendah karbohidrat maka dapat membantu mengurangi jumlah obat penurun gula darah yang dibutuhkan oleh pasien diabetes untuk memiliki kadar gula darah tetap normal.

9 Cara Menurunkan Kadar Gula di dalam Darah secara Alami

2. Minum Air Putih

Bagi seseorang yang menderita diabetes atau pradiabetes tentunya harus menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan darah menjadi berkurang sehingga meningkatkan konsentrasi glukosa didalam darah.

Bagi seseorang yang memiliki kadar gula tinggi maka sangat disarankan untuk menghindari minuman yang mengandung gula untuk memenuhi cairan tubuh seperti minuman olahraga dan minuman berenergi. Minumlah air putih yang cukup agar dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang.

3. Menambahkan Serat ke dalam Makanan

Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak memiliki kandungan gula didalam darah. Umumnya serat berasal dari biji-bijian utuh, sayuran, dan buah-buahan. Selain membantu menjaga kadar gula darah tetap normal, serat juga memiliki manfaat yaitu sebagai:

  • Membuat merasa lebih kenyang
  • Meningkatkan kesehatan usus
  • Mencegah sembelit
  • Menurunkan kolesterol

4. Makan dalam Porsi Kecil

Mengkonsumsi makanan dalam porsi besar terutama kaya akan karbohidrat, dapat menyebabkan terjadinya lonjakan kadar gula didalam darah secara signifikan. Makan secara berlebihan juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, sehingga berpengaruh terhadap kenaikan kadar gula darah.

Mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil setiap harinya namun memiliki nutrisi yang seimbang maka dapat membantu pasien diabetes untuk mengendalikan kadar gula didalam darah dan menjaga gula tetap stabil sepanjang hari.

9 Cara Menurunkan Kadar Gula di dalam Darah secara Alami

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Salah satu cara paling efektif untuk mengendalikan kadar gula didalam darah adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal dan sehat. Jika berat badan terlalu tinggi atau obesitas, maka dapat menjadi faktor resiko utama untuk diabetes dan pradiabetes. Jika memiliki kondisi obesitas, maka sangat penting untuk mencapai berat badan normal dengan cara diet atau olahraga secara teratur sehingga terhindar dari resiko yang berbahaya bagi kesehatan.

6. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar gula didalam darah. Berolahraga secara rutin minimal 30 menit sehari untuk tetap sehat. Selain menurunkan kadar gula di dalam darah, olahraga dengan rutin juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan membuat fungsi tubuh tetap normal.

7. Jangan Lewatkan Sarapan

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa dengan melewatkan sarapan, maka dapat berkontribusi pada resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan suatu kondisi dimana sel-sel tidak merespons baik terhadap insulin dan tidak dapat mengambil glukosa dari darah sehingga terjadinya peningkatan kadar gula darah.

Sangat direkomendasikan bagi semua orang, terutama orang dengan prediabetes dan diabetes, untuk selalu sarapan bergizi setiap harinya. Item makanan sehat seperti oatmeal, yogurt tanpa pemanis dengan buah, dan telur dapat menjadi bagian dari sarapan yang sehat.

8. Berhenti Merokok

Merokok memiliki banyak efek negatif terhadap kesehatan termasuk penyakit jantung, kanker, dan kematian. Nikotin didalam rokok dapat meningkatkan kadar gula didalam darah Berhenti merokok dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta menambah tahun-tahun hidup menjadi lebih lama.

9 Cara Menurunkan Kadar Gula di dalam Darah secara Alami

9. Tidur yang Cukup

Kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit kardiovaskular, gangguan suasana hati, dan resistensi insulin. Orang yang memiliki kondisi diabetes dan memiliki tidur kurang dari 7 jam per malam dapat memiliki resistensi insulin yang lebih tinggi dan lebih sulit dalam mengendalikan diabetes. Menurut penelitian, disarankan orang dewasa harus tidur minimal 7 jam tidur berkualitas setiap malamnya.

Gula didalam tubuh berfungsi sebagai sumber energi. Peningkatan kadar gula didalam darah dapat menyebabkan resiko penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap normal dengan cara merubah pola hidup menjadi lebih sehat dan mengurangi konsumsi makanan tinggi gula.

Selain merubah pola hidup menjadi lebih sehat, selalu mengontrol kadar gula darah secara rutin juga dapat menghindari kenaikan kadar gula di dalam darah. Kontrol kadar gula darah secara rutin di rumah menggunakan glukometer. Glukometer ini dapat dibeli secara langsung maupun online di Toko Galeri Medika. Selain glukometer, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/naturally-lower-blood-sugar-6830134