Mendengar kata camilan biasanya identik dengan makanan yang memiliki kandungan natrium tinggi, msg, mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, dan bahan lainnya yang cenderung memiliki dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Namun, jangan khawatir sekarang Kamu bisa mengkonsumsi camilan dengan sehat sehingga baik terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Daripada memilih untuk mengkonsumsi camilan yang mengandung banyak lemak jenuh, gula, dan garam yang tinggi lebih baik mengkonsumsi camilan makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang, biji bijian, dan lainnya. Camilan sehat ini dapat memberikan serat, antioksidan, mineral, dan vitamin tambahan kedalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

8 Rekomendasi Camilan untuk Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit penyebab kematian yang paling banyak ditemukan. Istilah penyakit jantung itu sendiri digunakan untuk menggambarkan kondisi yang mempengaruhi seluruh kondisi jantung seperti gagar jantung, jantung koroner, aritmia jantung, dan lainnya. Untuk menjaga kesehatan jantung maka harus memperhatikan pola makan menjadi lebih baik.

Tips Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting karena dapat meningkatkan kesehatan tubuh sepenuhnya. Selain itu, jantung yang sehat juga akan terhindar dari resiko berbagai penyakit yang mematikan dan berbahaya bagi tubuh. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat meningkatkan kesehatan jantung:

  • Menjaga berat badan dengan cara menyeimbangkan asupan kalori dan olahraga
  • Mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak
  • Mengkonsumsi gandum utuh
  • Memilih minyak nabati seperti minyak zaitun dibandingkan dengan minyak kelapa
  • Mengkonsumsi makanan yang mengalami sedikit proses pengolahan
  • Mengurangi asupan makanan dan minuman yang mengandung tambahan gula
  • Memilih makanan yang mengandung sedikit garam
  • Mengurangi asupan alkohol
8 Rekomendasi Camilan untuk Kesehatan Jantung

Mengikuti tips berikut akan meningkatkan kesehatan jantung dan berpengaruh terhadap kondisi tubuh yang lebih baik. Sangat sederhana sebenarnya untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan yaitu dengan merubah pola hidup menjadi lebih baik dan mengganti makanan instan menjadi makanan sehat yang memiliki kandungan gizi serta nutrisi berlimpah.

Camilan yang Menyehatkan Jantung

Camilan ini dapat menjadi pilihan yang sehat dan lezat sehingga dapat memberikan kesehatan jantung dan pencernaan secara penuh. Selain itu, camilan sehat ini memiliki kandungan kalori yang rendah, lemak jenuh rendah, dan sedikit natrium sehingga menjadikan pilihan yang baik bagi kesehatan jantung dan menjaga berat badan yang lebih baik. Berikut merupakan beberapa makanan yang dapat digunakan sebagai camilan.

1. Apel

Apel mengandung serat larut yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, apel juga memiliki kandungan polifenol yang terkait dengan penurunan kadar kolesterol jahat serta dapat meningkatkan kandungan kolesterol baik. Mengkonsumsi dua buah apel utuh setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Apel tidak hanya baik untuk jantung, tetapi kaya akan nutrisi karena memiliki kandungan vitamin C, K, E, B1, B6, dan kalium.

Padukan apel dengan sedikit selai kacang untuk camilan yang sehat bagi jantung dengan kandungan tinggi serat. Atau bisa juga tambahkan apel sebagai bahan membuat smoothie yang berisi buah dan sayuran untuk meningkatkan kesehatan jantung.

8 Rekomendasi Camilan untuk Kesehatan Jantung

2. Seledri

Seledri merupakan jenis sayuran yang memiliki sumber vitamin, rendah kalori, dan dapat memberikan berbagai manfaat termasuk meningkatkan kesehatan jantung. Seledri kaya akan serat dan air serta mengandung senyawa fenolik dan sifat antioksidan yang kuat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Seledri bisa dikonsumsi secara langsung atau dengan sedikit tambahan peanut butter sebagai penambah cita rasa.

3. Kacang Arab Panggang

Mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk Kacang Arab dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 14% menurut laporan penelitian pada tahun 2019. Kacang Arab mengandung sterol tumbuhan yang dapat menurunkan kolesterol sehingga berpengaruh secara signifikan dengan kesehatan jantung.

Kacang Arab panggang bisa menjadi camilan yang menyehatkan jantung dan rasanya yang cukup lezat. Kamu bisa menemukan camilan ini di toko favoritmu namun, yang harus diperhatikan saat membelinya sebaiknya memilih merk yang memiliki kandungan natrium atau gula yang sedikit.

4. Yoghurt dan Berry

Mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi, perlu diperhatikan yoghurt yang dipilih juga merupakan yoghurt tanpa gula, seperti yoghurt yunani. Yoghurt yang sehat ini dipadukan dengan berry yang lezat, dapat meningkatkan kesehatan jantung karena berry mengandung serat, kalium, folat, vitamin c, B6, dan antosianin.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung antosianin seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan lainnya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

8 Rekomendasi Camilan untuk Kesehatan Jantung

5. Smoothies

Smoothies merupakan cemilan yang mencampurkan buah-buahan segar dengan bahan yang sehat seperti susu rendah lemak dan yoghurt, peanut butter, chia seed, sayuran dan lainnya. Smoothies ini menawarkan perpaduan antara serat, vitamin, antioksidan, asam lemak, omega 3 dan lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, peradangan dan proses tubuh lainnya.

6. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan salah satu senyawa polifenol yang memiliki antioksidan dan sifat antiinflamasi. Mengkonsumsi matcha tea yang kaya akan EGCG juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, dan stroke.

Penelitian tentang EGCG telah menemukan bahwa itu dapat mencegah aterosklerosis atau penumpukan zat lemak pada dinding arteri. Ini juga mungkin mengurangi peradangan dan kerusakan sel.

7. Dark Chocolate

Dark coklat terbuat dari berbagai macam kakao seperti, bubuk kakao, kakao cair, dan mentega kakao. Biji kakao sendiri memiliki lebih dari 300 senyawa kimia tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya polifenol, fenolik, stilben, flavonoid, kafein, teofilin, dan lainnya. Tingginya kandungan flavonoid dalam dark coklat dapat mengurangi resistensi insulin dan tekanan darah tinggi.

8 Rekomendasi Camilan untuk Kesehatan Jantung

8. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Rata-rata kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak tak jenuh, vitamin E, dan zat alami lainnya yang baik bagi jantung. Namun, kacang-kacangan menjadi tinggi kalori dan mungkin diberi tambahan garam, menambahkan jumlah sodium yang besar. Meskipun demikian, memilih kacang-kacangan sebagai camilan dapat menjaga pola makan yang baik bagi jantung.

Biji-bijian yang dapat ditambahkan ke camilan sehat bagi jantung termasuk biji rami, hemp, chia, atau wijen. Selain itu, biji bijian dapat ditambahkan ke yogurt Yunani atau smoothie sehat.

Menjaga kesehatan jantung dapat berpengaruh terhadap kondisi tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu menjaga kesehatan jantung sebelum menimbulkan resiko penyakit yang berbahaya dan berdampak buruk terhadap tubuh. Cek kesehatan jantung di rumah menggunakan tensimeter dengan fitur EKG yang dapat dibeli secara langsung maupun online di toko Galeri Medika. Selain itu, Galeri Medika juga menyediakan berbagai alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/heart-healthy-snacks-8553568