Musim hujan adalah salah satu periode musim dalam setahun, dimana curah hujan akan meningkat. Musim hujan dapat terjadi akibat dari perubahan siklus cuaca dan iklim di berbagai wilayah di dunia. Musim ini ditandai dengan peningkatan jumlah hujan dalam periode tertentu, yang dapat menciptakan banjir, genangan air, dan dampak lainnya terhadap lingkungan. Pada musim ini juga biasanya menciptakan suhu yang tidak stabil, seperti akan terasa lebih dingin pada malam hari. Disisi lain, musim hujan juga dapat memberikan keindahan tersendiri dibandingkan dengan musim lainnya.

Musim hujan merupakan suatu musim yang menggambarkan kesan romantis karena suasananya yang sejuk, hembusan angin yang menyegarkan, wangi tanah basah yang lembut, dan disertai tetesan air yang merayapi jendela, membuatnya memberikan ketenangan serta keindahan. Namun, dibalik keindahan tersebut, musim hujan juga seringkali menjadi tantangan bagi kesehatan. Kelembaban udara yang tinggi, perubahan suhu yang tidak stabil, dan genangan air dapat menjadi sumber berbagai penyakit yang akan menyebabkan terhadap masalah kesehatan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dimusim hujan merupakan sebuah keharusan agar tubuh tetap fit dan dapat beraktivitas sehari-hari dengan aktif.

Pada musim hujan kelembaban udara akan meningkat, sehingga dapat menciptakan lingkungan ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Selain itu, genangan air dimana-mana yang muncul akibat hujan dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk yang membawa berbagai penyakit menular, seperti demam berdarah. Perubahan suhu yang tidak stabil juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kita menjadi rentan terhadap virus. Oleh karena itu, sangat penting dalam selalu menjaga kesehatan secara ekstra ketika musim hujan.

tip menjaga kesehatan di musih hujan

7 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan ketika musim hujan agar tubuh tetap sehat, fit, dan dapat beraktivitas dengan aktif setiap harinya.

1. Mencuci Tangan

Menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan merupakan salah satu hal yang paling mendasar dalam mencegah penyebaran penyakit. Kebanyak orang berbicara bahwa hujan itu menyebabkan seseorang sakit. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun yang dapat menyebabkan sakit itu adalah virus yang cenderung lebih cepat menyebar pada cuaca yang dingin. Seperti, virus Influenza penyebab flu yang berkembang cepat di udara dingin. Untuk menghindari penyebaran virus mencuci tangan dengan benar adalah solusi nya. Cucilah tangan selama 20 detik menggunakan sabun lalu bilas dengan air. Selain mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer yang mengandung 60% kadar alkohol juga dapat membunuh kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit

2. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Menjaga pola makan sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan penyakit. Makanan sehat mengandung nutrisi esensial seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung fungsi kekebalan tubuh. Tubuh yang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup memiliki kemampuan lebih baik untuk mengatasi serangan patogen seperti virus dan bakteri. Hindari makanan cepat saji dan makanan ringan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam karena dapat merusak kesehatan serta membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air mineral dapat menjaga daya tahan tubuh dan menjadikan tubuh lebih sehat. Hal tersebut karena air dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan bakteri melalui urine. Cairan ini juga mendukung fungsi ginjal dalam membantu membersihkan sistem pencernaan yang dapat melawan serangan kuman dan meminimalisir terkena penyakit selama musim hujan. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh adalah langkah sederhana namun efektif untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. Dengan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik maka dapat mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit. Minum air mineral kurang lebih 2 liter setiap harinya agar kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi.

4. Rutin Olahraga

Melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga dapat menjaga kesehatan terutama saat musim hujan. Berolahraga secara rutin mampu menjaga sirkulasi darah serta mengoptimalkan kinerja sel darah putih yang berperan dalam imunitas tubuh. Saat musim hujan, olahraga di luar rumah mungkin bukan pilihan terbaik karena kondisi cuaca yang basah dan dingin. Oleh karena itu, memilih latihan fisik atau olahraga didalam ruangan merupakan alternatif pilihan terbaik. Olahraga dalam ruangan bisa mencangkup berbagai jenis aktivitas seperti gym, kardio, yoga, dan lainnya. Selain untuk menjaga tidak terkena penyakit ketika hujan, olahraga secara rutin juga dapat mengurangi tubuh dari berbagai resiko penyakit salah satunya adalah obesitas.

tip menjaga kesehatan di musih hujan

5. Mengkonsumsi Vitamin

Mengkonsumsi vitamin dapat menjadi cara tambahan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama saat musim hujan. Multivitamin mengandung berbagai nutrisi esensial seperti vitamin dan mineral yang berperan penting dalam mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh untuk melawan serangan patogen dan menjaga kesehatan selama musim hujan. Vitamin C, Vitamin D dan Zinc merupakan zat yang dibutuhkan tubuh dalam menjaga sistem imun. Kebutuhan vitamin C harian untuk wanita adalah 75 mg dan laki-laki sebanyak 90 mg. Sedangkan untuk kebutuhan vitamin D harian adalah 15 mcg tergantung dari usia dan kondisi tubuh. Kebutuhan Zinc adalah sekitar 8-11 mg per hari.

Vitamin C memiliki antioksidan yang membantu produksi sel-sel kekebalan tubuh. Sedangkan Vitamin D berfungsi sebagai pengatur produksi spesifik protein antimikroba yang secara langsung dapat membunuh patogen. Zinc berperan untuk merangsang respon kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Mengkonsumsi multivitamin sesuai dengan anjuran profesional kesehatan dapat menjadi tambahan dalam menjaga kesehatan selama musim hujan. Namun yang paling utama adalah mengkonsumsi asupan nutrisi melalui makanan sehat.

6. Istirahat yang Cukup

Tips untuk menjaga kesehatan selama musim hujan selanjutnya adalah tidur yang cukup. Istirahat dan tidur yang cukup selama sekitar 7-9 jam per hari, karena ketika tidur tubuh butuh waktu untuk memulihkan energi, produksi sel-sel, dan meningkatkan mood. Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh melawan patogen penyebab penyakit seperti virus dan bakteri. Selain durasi tidur, kualitas tidur juga sama pentingnya. Pastikan tempat tidur yang nyaman, hindari cahaya berlebih atau silau, dan ciptakan lingkungan tidur yang tenang untuk meningkatkan kualitas tidur.

7. Menerapkan 3M Plus (Mencegah, Melindungi, dan Memelihara)

Ketika musim hujan banyak terbentuk genangan-genangan air yang menjadi tempat favorit nyamuk dalam berkembang biak. Nyamuk merupakan salah satu faktor pembawa beberapa jenis penyakit. Oleh karena itu perlu menerapkan 3M agar tubuh tetap menjaga kesehatan. Pertama, mencegah penularan penyakit dengan cara mencuci tangan, menghindari genangan air, menguras penampungan air secara rutin, dan menutup tempat penampungan air.

Kedua untuk melindungi yaitu selalu gunakan payung atau mantel hujan agar badan tidak basah yang dapat mencegah terkena penyakit. Dan yang terakhir untuk memelihara yaitu dengan cara menjaga kebersihan rumah, pastikan rumah kering dan tidak lembab, apabila ada genangan air di pot tanaman langsung dibuang agar tidak menjadi sumber penyakit. Selain itu, memelihara juga dapat mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Musim hujan sering diiringi dengan tantangan kesehatan yang disebabkan oleh kelembaban tinggi, cuaca dingin, dan potensi genangan air yang dapat menciptakan lingkungan untuk pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit. Dengan menerapkan tips secara konsisten maka dapat meningkatkan peluang tetap sehat dan aktif selama musim hujan. Kita tidak dapat mengendalikan cuaca atau perubahan musim, kita hanya dapat mengendalikan bagaimana kita merawat diri sendiri.

Ingin tahu informasi menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Di Galeri Medika, Kamu juga bisa membeli alat kesehatan yang dijamin 100% Original dan dapat dikirim ke seluruh Nusantara menggunakan jasa ekspedisi terpercaya.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.unilab.com.ph/articles/how-to-stay-healthy-during-the-rainy-season
https://www.maydensupport.co.uk/blog-43/top-10-tips-to-be-healthy-in-rainy-season
https://nurture.com.ph/2023/06/19/health-tips-for-rainy-season-wellness/
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/tips-menjaga-kesehatan-di-musim-hujan