Dengan bertambahnya usia, tubuh Anda masuk dalam mode degeneratif. Tingkat pertumbuhan jaringan dan sel menjadi lambat sementara perbaikan jaringan terjadi pada tingkat yang tinggi. Asupan makanan yang seimbang dapat membuat Anda tetap sehat dan berenergi di saat seperti itu.

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk lansia

1. Sayuran Berdaun Hijau



Seiring bertambahnya usia, mereka cenderung menderita penurunan kognitif. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan kangkung dapat membantu Anda memerangi proses penurunan kognitif. Bahkan sayuran hijau seperti brokoli dapat membantu membalikkan kondisi tersebut.

2. Apel

Jika Anda menderita kolesterol tinggi atau kesulitan mempertahankan kadar gula darah, apel bisa menyelamatkan Anda. Serat larut dalam apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda dan bahkan menghambat kecepatan penyerapan glukosa. Apel juga dapat meningkatkan tingkat antioksidan dan kalium dalam tubuh Anda.

3. Ikan

Ikan dengan memiliki kadar asam lemak Omega 3 yang tinggi, seperti salmon, sarden, makerel, dan tuna sangat bagus untuk kesehatan jantung dan fungsi otak Anda. Omega 3 juga membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda, sehingga mencegah osteoporosis yang menjadi momok di usia yang tidak muda lagi.

4. Kacang

Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dosis harian dari kacang. Mereka juga merupakan sumber serat, protein, dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan. Almond, kacang mete, hazel, kacang tanah adalah beberapa pilihan yang baik untuk Anda.

5. Kerang

Kerang tertentu seperti tiram, kerang, dan kepiting diketahui kaya akan zat besi, kalium, magnesium, dan vitamin B12. Makan mereka sebagai bagian dari diet Anda sangat penting karena bermanfaat untuk fungsi otak Anda.

6. Telur

Telur adalah sumber protein yang kaya, yang merupakan kebutuhan dasar tubuh Anda. Telur juga mengandung vitamin B yang disebut kolin yang membantu mengelola stres dan juga bermanfaat untuk daya ingat Anda. Dengan bertambahnya usia, kebanyakan orang menderita masalah penglihatan. Lutein dan Zeaxanthin adalah dua antioksidan yang terdapat dalam telur yang dapat memperlambat proses degeneratif. Sehingga Anda tetap mendapatkan kondisi mata yang baik dan sehat.

7.Buah Beri

Dikemas dengan banyak antioksidan, beri melawan radikal bebas yang mengancam kesehatan pada tubuh dan kesehatan Anda. Mereka juga merupakan sumber serat yang baik. Buah beri juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Stroberi, blackberi, rasberi, dan blueberi adalah contoh buah beri yang baik bagi lansia.

8. Tomat

Tomat kaya akan likopena, yang merupakan bahan kimia alami yang meningkatkan pertahanan tubuh Anda terhadap kanker prostat. Anda bisa mengonsumsi tomat dalam berbagai bentuk, mulai dari jus, pasta, saus, hingga bahkan mentah. Tetapi, tomat yang diproses atau dimasak dikenal untuk melepaskan lebih banyak likopena daripada yang mentah. Tomat juga baik untuk kesehatan jantung dan kulit Anda. Mereka mengandung vitamin A, yang membantu meningkatkan penglihatan Anda dan mengekang perkembangan kebutaan malam.

9. Oat

Oat dikemas dengan serat. Pencernaan yang buruk adalah masalah kesehatan umum yang berdampak pada orang di usia tua. Hal ini sering menyebabkan gerakan usus yang tidak tepat atau sembelit. Memiliki gandum sebagai bagian dari diet harian Anda dapat memungkinkan Anda untuk menyingkirkan masalah kesehatan tersebut. Selain itu, gandum adalah sumber kalsium yang kaya, yang sangat penting untuk kesehatan tulang Anda.

10. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh memperkaya tubuh dengan berbagai nutrisi dan serat. Serat memainkan peran besar dalam mencegah sembelit atau memberikan bantuan saat Anda merasakan sembelit. Salah satu manfaat biji-bijian terbesar adalah mereka menurunkan risiko penyakit jantung. Jagung, gandum, dan beras adalah varietas umum biji-bijian utuh yang dapat Anda konsumsi sebagai bagian dari makanan Anda.

11. Coklat Hitam

Cokelat hitam adalah sumber antioksidan yang kaya dan dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah serangan jantung, dan mengurangi risiko stroke. Tapi, ingatlah untuk memakannya dalam batas yang wajar.