Kini yoga tak hanya dilakukan bagi pemeluk agama Hindu saja. Banyak yang melakukan yoga dengan alasan kesehatan. Sehingga yoga menjadi olahraga yang terkenal di dunia. Karena hanya dengan yoga, Anda akan memiliki segudang manfaat bagi tubuh Anda. Dan yoga adalag olahraga yang murah dan bias dilakukan di rumah saja.

Berikut ini beberapa manfaat dari yoga bagi tubuh. Sehingga yoga bias menjadi referensi Anda dalam berolahraga.


Tingkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan postur tubuh



Latihan yoga harian akan membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot tubuh Anda. Posisi seperti mengangkat tangan dan kaki dalam keadaan tengkurap akan bekerja untuk memperkuat lengan, kaki, bahu, dan perut Anda. Anda tidak harus super fleksibel untuk berlatih yoga. Yang terpenting tubuh diregangkan dan tenangkan pikiran.

Beberapa menit sehari berlatih pada posisi seperti prajurit atau anjing yang menghadap ke bawah, akan segera membuat Anda benar-benar merasakan perbedaan dalam fleksibilitas Anda. Yoga harian membantu memperbaiki postur tubuh Anda, membuat Anda berjalan lebih tinggi dan duduk lebih tegak di meja Anda. Nyeri yang disebabkan oleh postur tubuh yang tidak benar seperti sakit punggung juga bisa dikurangi dengan beryoga.


1. Meningkatkan kebugaran


Bagaimana cara meningkatkan kebugaran Anda?, kebanyakan dari kita berpikir untuk terengah-engah di gym. Tapi bobot bukan satu-satunya cara untuk berolahraga. Yoga memberi Anda semua yang dapat dilakukan oleh gym, tetapi dengan cara yang damai, aman dan lebih tenang. Ini menggabungkan aspek-aspek latihan kardio, fungsional, dan kekuatan sekaligus.


2. Umur dan Jenis Kelamin


Bagaimana cara meningkatkan kebugaran Anda?, kebanyakan dari kita berpikir untuk terengah-engah di gym. Tapi bobot bukan satu-satunya cara untuk berolahraga. Yoga memberi Anda semua yang dapat dilakukan oleh gym, tetapi dengan cara yang damai, aman dan lebih tenang. Ini menggabungkan aspek-aspek latihan kardio, fungsional, dan kekuatan sekaligus.


3. Penurunan berat badan


Anda tidak harus berlatih Yoga Panas atau membungkuk dalam pose yoga untuk menurunkan berat badan. Latihan yoga lembut setiap hari akan memicu sistem metabolisme dan akan membantu membakar lemak, yang mengarah pada penurunan berat badan. Yoga harian juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh Anda, sehingga dapat menormalkan berat badan Anda.

Kadar kortisol, hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres akan diturunkan, yang menyebabkan kurangnya makan berlebihan. Yoga harian juga memperkuat keseluruhan koneksi pikiran dalam tubuh dan membantu Anda mengurangi emosi yang tidak menyenangkan.


4. Tingkatkan energi Anda


Hanya beberapa menit yoga setiap hari akan memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita yang sibuk dan akan membuat kita segar lebih lama. Yoga dengan sinergi unik antara kerja tubuh dan nafas.

Latihan yoga setiap hari akan membangkitkan pusat energy utama di tubuh Anda. Posisi yoga yang benar bisa memperpanjang tulang belakang, seperti pose pohon yang memungkinkan energi tersebar di seluruh tubuh, dan posisi yang membuka dada, seperti posisi kobra, mendorong asupan lebih banyak nafas.


5. Kurangi stress


Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang secara teratur berlatih ketiga elemen yakni posisi, pernafasan, dan meditasi lebih mampu mengatur variabilitas denyut jantung mereka. Ini umumnya berarti bahwa detak jantung mereka lebih rendah, memberi tubuh kemampuan untuk merespons stres dengan cara yang lebih fleksibel.

Apakah Anda menghadapi begitu banyak stres sehingga membuat begadang malam hari? Penelitian telah menunjukkan bahwa berlatih yoga setiap hari dapat mengurangi insomnia.


6. Bernafas lebih baik


Bernapas dalam-dalam dan tenang adalah bagian penting dari setiap latihan yoga. Teknik pernapasan yoga fokus pada upaya untuk memperlambat napas dan pada pernapasan penuh dari lubang perut Anda ke bagian atas paru-paru Anda.

Metode-metode ini akan membuat Anda merasa lebih santai dan seimbang dan akan membantu Anda menghadapi hari dengan percaya diri dan tenang. Mereka juga memiliki beberapa manfaat yang besar termasuk peningkatan kapasitas paru-paru dan volume tidal atau jumlah total udara yang dapat dimiliki paru-paru Anda pada satu waktu menjadi lebih banyak. Anda dapat mengadopsi teknik-teknik ini kapan pun dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka dapat membantu Anda tetap tenang dalam situasi darurat, berpikir jernih dalam situasi stres dan mereka dapat membantu mengurangi rasa sakit.


7. Lebih bahagia


Menambahkan beberapa pose yoga ke dalam rutinitas harian Anda dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih kuat secara emosional dan lebih bahagia. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa berlatih yoga dan meditasi secara teratur menghasilkan kadar serotonin yang lebih tinggi atau hormon kebahagiaan.

Studi yang sama menunjukkan bahwa mempraktekan yoga dalam jangka panjang memiliki lebih banyak massa di area otak yang berhubungan dengan kepuasan.


8. Menjadi lebih penuh perhatian


Saat berlatih yoga, Anda akan mengalihkan kesadaran Anda ke sensasi, pikiran, dan emosi yang menyertai posisi tertentu. Kesadaran itu akan membawa pikiran kembali ke saat sekarang yang mana tujuan utama perhatian di mana ia dapat tetap bahagia dan fokus.

Berlatih kesadaran memiliki manfaat fisik dan psikologis lama yang sangat sejalan dengan manfaat yoga. Anda akan merasa lebih tenang dan santai, dan tidak terlalu stres dan cemas. Anda akan mengalami tingkat energi dan antusiasme yang lebih tinggi dan lebih percaya diri dan penerimaan diri.


9. Tingkatkan konsentrasi dan berpikir jernih


Pose dan meditasi yoga mengharuskan Anda berkonsentrasi pada pernapasan. Proses mengamati napas ini menenangkan pikiran dan membuat Anda lebih rileks secara mental. Sebagai hasil dari stabilitas mental ini, Anda akan dapat mengingat kembali dan menyimpan lebih banyak informasi. Bermeditasi dalam beberapa menit di pagi hari dapat menghasilkan konsentrasi yang lebih baik sepanjang hari.


10. Hidup lebih lama


Seperti yang Anda ketahui sekarang, yoga setiap hari akan membantu Anda meningkatkan tingkat kebugaran, mengatur detak jantung, mengurangi tingkat stres, dan menjadikan Anda orang yang lebih bahagia. Semua elemen itu yang dapat menambah tahun berharga bagi hidup Anda.