Tekanan darah merupakan tekanan yang dihasilkan oleh aliran darah saat dipompa jantung dan mengalir melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah berperan penting dalam suplai oksigen serta nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Tekanan darah terdiri dari dua angka yaitu tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan maksimal saat jantung memompa darah keluar menuju pembuluh darah, sedangkan tekanan darah diastolik merupakan tekanan minimal saat jantung sedang istirahat. Tekanan darah dapat berubah-ubah tergantung dengan aktivitas, makanan, dan kondisi emosional.

Ketika tekanan darah tidak berada dalam kisaran normal, maka dapat menjadi penyebab resiko terhadap masalah kesehatan termasuk serangan jantung dan Stroke. Tekanan darah dianggap tidak normal apabila melebihi angka batas normal ataupun lebih rendah dari angka normal. Tekanan darah dianggap normal apabila angka sistolik berkisar antara 90-120 mmHg dan tekanan darah diastolik berkisar antara 60-90 mmHg. Apabila tekanan darah diluar kisaran tersebut, maka dapat menimbulkan resiko terhadap kesehatan. Tekanan darah tinggi disebut dengan hipertensi dan tekanan darah rendah disebut dengan hipotensi.

Review Tensimeter Digital Yuwell YE660 D Gold

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah didalam tubuh terlalu tinggi. Hipertensi merupakan faktor resiko utama terjadinya penyakit kardiovaskular. Hipertensi terbagi menjadi beberapa tahap seperti tekanan darah tinggi, hipertensi tahap 1, hipertensi tahap 2, dan hipertensi kritis. Tekanan darah tinggi disebabkan oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin, usia, gaya hidup, konsumsi makanan dan minuman, merokok, konsumsi alkohol, dan lainnya. Hipertensi merupakan penyakit yang sering kali tidak menimbulkan gejala apapun. Gejala hipertensi biasanya adalah:

  • Pusing
  • Sakit Kepala
  • Pandangan kabur
  • Nyeri dada
  • Jantung berdebar
  • Sering mimisan

Jika tekanan darah tinggi tidak diobati atau dikontrol dengan baik maka kondisi tersebut dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit ginjal. Hipertensi bisa ditangani dengan perubahan gaya hidup seperti lebih banyak olahraga, membatasi makanan tinggi garam, menggunakan obat anti hipertensi sesuai resep dokter, serta selalu mengontrol nilai tekanan darah.

Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi dimana nilai tekanan darah berada dibawah angka normal. Tekanan darah rendah terbagi kedalam beberapa jenis yaitu Hipotensi postural, Hipotensi postprandial, Neurally mediated hypotension, dan hipotensi ortostatik. Beberapa faktor yang menjadi penyebab hipotensi adalah kehamilan, masalah jantung, dehidrasi, kehilangan darah, infeksi berat, dan kekurangan nutrisi saat diet. Sedangkan, untuk gejala dari Hipotensi yaitu:

  • Pusing
  • Mual dan Muntah
  • Lemas
  • Pingsan
  • Sesak Napas
  • Jantung Berdebar-debar
  • Kulit Pucat
  • Susah konsentrasi

Baca artikel lainnya

Hipotensi dapat menimbulkan kondisi berbahaya karena ketika tekanan darah rendah atau berkurang secara drastis maka tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Kondisi tersebut bisa mengganggu fungsi berbagai organ seperti otak, ginjal, dan jantung. Apabila dibiarkan dan semakin parah maka kondisi tersebut bisa menjadi penyebab kematian. Hipotensi bisa diatasi dengan memperbanyak minum air mineral, meminum obat yang mengandung zat besi, memakan sayuran hijau tinggi zat besi, menghindari obat-obatan yang menyebabkan hipotensi, gaya hidup yang lebih sehat, dan rutin mengontrol tekanan darah.

Mengontrol tekanan darah agar selalu normal merupakan hal yang sangat penting agar terhindar dari berbagai resiko penyakit. Saat ini, Kita dengan mudah bisa mengukur tekanan darah secara mandiri di rumah menggunakan Tensimeter digital. Tensimeter digital ini sudah banyak dijual dipasaran dengan berbagai tipe dan merk yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu tensimeter yang dapat dijadikan pilihan dalam memantau tekanan darah yaitu tensimeter digital dari Yuwell tipe YE60D Gold Edition.

Review Tensimeter Digital Yuwell YE660 D Gold

Tensimeter Digital Yuwell YE660D Gold Edition

Tensimeter dari Yuwell tipe YE660D Gold merupakan tensimeter digital yang cara menggunakannya yaitu di lengan atas. Sehingga lebih simple, praktis, dan mudah digunakan. Keunggulan alat ini juga yaitu memiliki tampilan nilai rata-rata pengukuran sebanyak 3 kali. Tensimeter ini juga dilengkapi dengan LCD yang cukup besar, sehingga memudahkan pengguna dalam membaca hasil pengukuran. Tensimeter ini memiliki fitur Body movement detection dan deteksi detak jantung tak beraturan.

Terdapat 90 memori penyimpanan hasil pengukuran sehingga memudahkan pengguna dalam memantau hasil pengukuran tekanan darah sebelumnya. Selain itu, Tensimeter Yuwell YE660D Gold juga memiliki manset yang dapat disesuaikan mulai dari 22 cm tinggi 45 cm. Ukuran tensimeter ini cukup kecil yaitu panjang 130 mm, lebar 96 mm, dan tinggi 75 mm serta berat sekitar 260 gr menjadikan tensimeter mudah dibawa kemana saja dan dapat digunakan kapanpun.

Untuk menyalakan alat ini yaitu dengan menggunakan 4 buah baterai alkaline ukuran A2 atau dapat menggunakan kabel USB sebagai pengganti baterai. Ketika USB digunakan, maka baterai alkaline tidak perlu dimasukan karena alat akan tetap menyala dan berfungsi dengan baik. Dilengkapi dengan kartu garansi yang berlaku selama 5 tahun.

Tensimeter Digital Yuwell YE660D Gold

Tensimeter Digital Yuwell YE660D Gold Edition

Tensimeter Digital Yuwell YE660D (Gold Edition) merupakan monitor tekanan darah dan detak jantung pada lengan atas. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang penting untuk pengukuran tekanan darah. Dengan Layar LCD besar hasil pengukuran dapat dilihat dengan jelas, sehingga cocok digunakan di tempat kesehatan maupun pribadi.

Fitur Produk

  • Dilengkapi kabel USB pengganti baterai
  • Layar LCD 3"
  • Kapasitas 90 memori
  • Tampilan nilai rata-rata pengukuran 3 kali
  • Dua mode tampilan mmHg dan kPa
  • Otomatis mati dalam 2 menit saat tidak digunakan
  • Manset ukuran XL
  • Deteksi Irregular heartbeat
  • Cuff wrap guided
  • Body movement detection
  • Garansi 5 tahun
  • Berat Produk 260 gram
  • Akurasi: SYS/DIA 3 mmHg, Pulse 5%

Info pemesanan silakan KLIK DISINI

Cara Pakai Tensimeter Yuwell YE660D Gold 

Perlu diperhatikan beberapa hal sebelum melakukan pengukuran agar mendapatkan hasil yang akurat. Gunakan manset pada lengan yang sama, duduk diam saat mengukur, dan beri waktu 2-3 menit ketika mengulang pengukuran merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil pengukuran lebih akurat. Selain itu, cara penggunaan tensimeter ini juga perlu diperhatikan, berikut merupakan cara penggunaan tensimeter digital Yuwell YE660D Gold Edition:

  1. Masukan Baterai atau gunakan kabel USB Untuk menyalakan Tensimeter
  2. Sambungkan kabel (konektor) manset ke perangkat (tensimeter)
  3. Masukan lengan ke manset, beri jarak 2-3 cm dari sikut
  4. Kencangkan manset sesuai ukuran lengan, beri jarak 2 ruas jari antara lengan dan manset
  5. Pencet tombol power untuk memulai pengukuran, tunggu beberapa saat dan hasilnya akan muncul
  6. Apabila ingin melihat hasil pengukuran sebelumnya, tekan tombol icon “pensil” yang ada pada tensimeter

Tips melakukan pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter digital yang benar dapat dilihat pada artikel ini: Cara Mengukur Tekanan Darah yang Akurat

Kekurangan dan Kelebihan 

Kelebihan

  • Memiliki kapasitas memori yang besar yaitu 90 memori hasil
  • Layar LCD besar sehingga memudahkan dalam membaca hasil pengukuran
  • Dilengkapi dengan kabel USB sebagai pengganti baterai

Kekurangan

  • Fitur yang dimiliki terbilang standar
  • Tidak ada indikator tekanan darah tinggi

Selain menggunakan tensimeter digital untuk memantau tekanan darah, melakukan pola hidup sehat juga dapat berpengaruh terhadap tekanan darah. Rutin olahraga, makan makanan sehat dan bergizi, serta memperbanyak minum air mineral merupakan beberapa upaya dalam pola hidup sehat dan membantu tekanan darah tetap normal. Apabila sudah rutin mengecek tekanan darah dan hasilnya selalu lebih tinggi atau lebih rendah dari batas normal, maka segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya untuk mendapatkan penanganan dengan benar agar tidak menimbulkan resiko terhadap kesehatan tubuh.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.verywellhealth.com/what-is-abnormal-blood-pressure-1763945
https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-8-penyebab-tekanan-darah-rendah-dan-cara-mengatasinya
https://www.alodokter.com/hipotensi-dan-hipertensi-mana-yang-lebih-berbahaya#:~:text=Hipotensi%20atau%20darah%20rendah%20adalah,sama%2Dsama%20dapat%20mengganggu%20kesehatan.
https://jurnal.ukh.ac.id/index.php/JK/article/view/408/318