Masa pemulihan tentu memerlukan waktu yang tidak singkat pula, ada kalanya pasien harus terus berbaring di atas ranjang tanpa bisa melakukan banyak pergerakan dengan bebas. Beberapa rumah sakit tentu saja menyediakan fasilitas yang memadai, tapi tentu tidak semua orang sakit betah berlama-lama berada diruangan penyembuhan. Sebagian pasien biasanya lebih suka melakukan pengobatan di dalam rumah dengan dikelilingi orang-orang yang dicintainya. Atau jangan lupakan bahwa pasien yang baru keluar dari rumah sakit juga masih harus mendapatkan perawatan yang layak setibanya di rumah demi menyempurnakan proses pemulihan.

Sebagai keluarga pasien kita memiliki peranan penting dalam kesembuhan pasien. Kita tentu ingin memberikan fasilitas terbaik yang tidak kalah dengan apa yang bisa disediakan rumah sakit, salah satunya adalah ranjang tempat tidur dimana pasien banyak menghabiskan waktunya. Ranjang pasien tersebut haruslah memberikan rasa nyaman dan tidak menyulitkan pasien dalam proses penyembuhannya.

Ranjang pasien sendiri memiliki dua jenis tipe yaitu ranjang manual yang harus digerakkan sendiri oleh manusia dan ranjang elektrik yang hanya perlu memainkan remote control untuk mengatur pergerakannya. Jika menginginkan ranjang dengan harga yang tidak terlalu mahal, maka ranjang manual adalah pilihannya. Dengan ketentuan harus selalu ada orang disamping pasien yang membantu mengatur pergerakan ranjang agar tidak menyulitkan pasien. Namun jika tidak bisa 24 jam selalu menemani pasien tentu ranjang elektrik pilihan yang tepat, memberikan kebebasan bagi pasien untuk mengatur tingkat kenyamanan ranjang hanya dengan satu remote. Berikut tips agar memudahkan Anda memilih ranjang pasien yang tepat untuk di rumah.

 

1. Pilih tempat pembelian yang tepat

 

 

Sebagai pembeli haruslah pintar-pintar dalam memilih tempat dimana Anda akan membeli barang yang diperlukan, jangan sampai malah mendapat kerugian karena salah memilih penjual. Hal buruknya Anda mungkin bisa kena tipu karena tidak memperhatikan tempat pembelian. Harga yang murah biasanya menjadi opsi pertama tempat yang dicari, namun jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi barang yang didapat. Galeri Medika adalah tempat terbaik untuk mendapatkan ranjang yang sesuai dengan harapan Anda. Meski diperlukan waktu tiga hari kerja sebelum barang dapat dilihat, tentu waktu menunggu akan sangat sebanding dengan barang yang didapat. Anda dapat pula berkonsultasi mengenai ranjang yang Anda idam-idamkan sebelum membelinya.

 

2. Perhatikan kualitas matras

Matras atau alas tempat tidur pasien juga harus selalu diperhatikan. Pastikan tekstur, ketebalan dapat memberikan kenyamanan bagi pasien untuk beristirahat. Jangan sampai salah pilih dan membuat pasien terjaga sepanjang malam karena kesulitan untuk tertidur. Beberapa pasien mungkin memerlukan kasur anti decubitus namun sebagian lainnya ada yang tidak cocok. Anda dapat melihat kondisi pasien atau berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan saran kasur yang cocok.

 

3. Periksa kembali kelengkapan ranjang

 

 

Cek ulang ranjang yang Anda beli, pastikan komponen lengkap dan tidak ada kerusakan. Anda dapat mencobanya terlebih dahulu sebelum membiarkan pasien terbaring diatasnya. Perhatikan apakah komponen penting bekerja dengan baik seperti roda, penyangga ranjang dan sandaran kepala dapat dinaik-turunkan dengan baik untuk mempermudah pasien ketika makan. Hal ini sangat penting juga agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat karena pasien dapat beristirahat dengan nyaman.

 

4. Lengkapi kebutuhan pasien di samping ranjang

 

 

Kondisi tubuh pasien yang lemah tentu menyulitkannya untuk bergerak banyak. Sediakan apa saja kebutuhan kecil pasien di tempat yang mudah digapainya. Letakan makanan ringan atau obat-obatan di atas nakas atau troli khusus yang bisa Anda dapatkan juga di Galeri Medika.
Anda mungkin juga memerlukan tiang infus untuk memudahkan pasien bila pasien ingin berjalan sebentar meregangkan otot kaki atau pergi ke kamar kecil. Namun bila Anda khawatir kondisi pasien semakin memburuk dengan banyaknya pergerakan, kursi roda adalah opsi terbaik. Pasien dapat duduk dengan tenang dan Anda membantu mendorongnya untuk keluar ruangan menghirup udara segar. Selingi dengan percakapan kecil yang membuat pasien semakin bersemangat untuk segera sembuh.

 

 

Kesimpulan

 

Pada kondisi tertentu, orang sakit tidaklah harus dan ingin berada di rumah sakit. Atau pasien dalam proses penyembuhan setelah keluar dari rumah sakit juga masih perlu mendapat perawatan yang baik selama berada di rumah. Dengan fasilitas yang memadai Anda mungkin dapat merawatnya dengan dibantu anggota keluarga lainnya. Pasien juga jadi lebih banyak memiliki waktu bersama orang-orang yang ingin selalu berada didekatnya. Mendapatkan rasa semangat untuk segera sembuh dan beraktivitas seperti sedia kala. Oleh karenanya selalu berikan perhatian besar terhadap pasien termasuk dalam hal memilih ranjang tempat tidur pasien.