Menurut data kesehatan yang di publikasikan oleh The National Institute Of Arthritis asam urat pada pria usia 40- 50 tahun. Kadar asam urat meningkat biasa ditandai dengan penumpukan kristal di sendi yang menyebabkan sakit dan peradangan.
Asam urat (Urid Acid ) adalah zat limbah yang dihasilkan oleh tubuh dari pemecahan purin. Purin itu sendiri adalah senyawa kimia yang di produksi secara alami oleh tubuh dan bisa Anda dapatkan dari sejumlah makanan. Asam urat dalam darah akan akan disalurkan ke ginjal. Ginjal kemudian akan mengeluarkan kelebihannya secara rutin melalui urin dan feces agar kadar asam urat dalam darah tetap normal. Selama bisa menjaga kadar asam urat tetap normal, asam urat tidak akan menimbulkan masalah. Jika tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan dan ginjal tidak mampu lagi membuangnya maka bisa mengundang peradangan sendi karena terbentuknya kristal padat pada sendi-sendi.
Penyakit asam urat merupakan kondisi yang menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahan, pembengkakan, serta adanya rasa panas diarea persendian. Semua sendi tubuh beresiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki-laki, khususnya mereka yang berusia diatas 40 tahun.
Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Penyebab Penyakit Asam Urat

 

 

 

Berikut ini adalah faktor yamg menjadi penyebab datangnya penyakit Asam Urat, antara lain :
• Makakan yang berzat purin tinggi yang di konsumsi, seperti jeroan hewan, hidangan laut, dan daging merah.
• Banyak mengonsumsi minuman dengab gula tinggi dan minuman beralkohol
• Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, sisisloporin, dan obat-obatan kemoterapi.
• Mempuntai riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga.

 

 

Tahukah Anda Kadar Asam Urat Normal?

 

Untuk mengetahui berapa kadar asam urat dalam tubuh Anda, maka perlu dilakukan beberapa pemeriksaan seperti tes asam urat dalam darah. Berikut adalah kisaran kadar asam urat normal dal darah :
• Perempuan : 2,4 – 6,0 ( mg/dL )
• Laki-laki : 3,4 – 7,0 ( mg/dL )
• Anak-anak : 2.0 – 5,5 ( mg/dL )

Adakah Cara Praktis Kontrol Kadar Asam Urat?
Kini kita bisa secara mudah melalukan cek kadar asam urat secara mandiri di rumah dengan menggunakan FamilyDr Urid Acid Meter. Dengan adanya alat ini kita dapat mengontrol kadar asam urat secara rutin dan mudah.

 

 

 

 

Kesimpulan

Selama bisa menjaga kadar asam urat dalam tubuh, asam urat tidak akan menimbulkan masalah. Jika tubuh Anda memproduksi asam urat secara berlebihan dan ginjal tidak mampu lagi membuangnya maka bisa mengundang peradangan sendi karena terbentuknya kristal padat pada sendi-sendi.