Hampir semua dari kita tentu ingin memiliki tensimeter untuk mengukur tekanan darah secara pribadi atau bersama anggota keluarga di rumah. Mengetahui setiap perubahan tekanan darah akan menjadi sangat mudah dengan tensimeter digital atau dalam bahasa inggris dikenal dengan blood pressure monitor.

Biaya atau harga tensimeter mungkin menjadi salah satu faktor utama dalam pemilihan tensimeter. Namun, apabila dibarengi dengan kualitas yang mumpuni, fitur yang canggih serta paling utama dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama tentu harga sebuah tensimeter akan menjadi pertimbangan dinomor sekian. Oleh karenanya berikut kami rekomendasikan 7 tensimeter terbaik yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli tensimeter.

1. Tensimeter Omron JPN 600

Tensimeter Omron JPN 600 (made in Japan) ini merupakan tensimeter digital yang mengukur tekanan darah dan detak jantung pada lengan atas. Tensimeter ini dilengkapi dengan teknologi intellisense yang memberikan jaminan pengukuran tekanan darah yang cepat, nyaman, serta dengan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Tensimeter merk Omron sendiri sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, mulai dari rumah sakit, klinik, puskesmas dan pemeriksaan kesehatan di desa pun banyak yang menjatuhkan pilihannya pada tensimeter asal Jepang ini.

Desainnya yang minimalis namun elegant serta didukung fitur terbaru, Omron JPN 600 termasuk tensimeter paling unggul dibandingkan tensimeter brand lainnya dengan range harga yang sama. Garansi yang ditawarkannya pun cukup lama yaitu 5 tahun, kerusakan yang sering terjadi hanya berkisar pada kebocoran manset karena jangka pemakaian yang lama. Anda dapat dengan mudah mendapatkan pergantian manset yang baru dengan membelinya di Galeri Medika.

Omron-JPN600

Fitur Produk :
- Teknologi Intelli-sense - teknologi yang memungkinkan inflasi disesuaikan secara otomatis untuk kenyamanan maksimal
- Otomatis mengembangkan manset dengan jumlah tekanan yang benar untuk setiap pengguna
sehingga pengukuran cepat, akurat dan nyaman.
- Indikator tingkat tekanan darah
untuk pembacaan hasil pengukuran yang mudah.
- Indikator Pemakaian Manset
Simbol "OK" akan tampil apabila manset telah dipasangkan dengan benar.
- Mode "Guest"
Mode "Guest" dapat digunakan untuk mengambil satu pengukuran untuk pengguna lain.
- Perhitungan nilai rata-rata 3 pengukuran terakhir
- Indikator gerakan tubuh dan indikator detak jantung tak beraturan, keduanya dapat mempengaruhi hasil pengukuran
- Memori hingga 90 pengukuran, dilengkapi tanggal dan waktu

2. Tensimeter Microlife BP B3 AFIB

Bagi Anda yang mencari tensimeter digital dengan kualitas bagus, tahan lama serta memiliki fitur dapat mendeteksi Fibrilasi Atrial maka tensimeter ini akan cocok sebagai pilihan. Microlife BP B3 Afib merupakan tensimeter digital model pemula untuk mendeteksi atrial Fibrillation (AF) selama pengukuran tekanan darah di rumah. AF adalah salah satu penyebab yang paling umum dari stroke, tetapi seringkali tidak ada gejala untuk mengenalinya.

Tensimeter Digital Microlife AFIB BP B3 ini secara klinis divalidasi untuk banyak kelompok pasien dan karenanya memberikan pengukuran tekanan darah yang akurat. Microlife juga menawarkan masa garansi yang sama dengan merk Omron yaitu 5 tahun garansi service, Anda tidak perlu repot atau kebingungan lagi apabila tensimeter yang Anda beli mengalami kendala dikemudian hari. Segera hubungi service center yang tertera pada kartu garansi atau datang langsung ke tempat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Microlife-B3-Afib

Fitur Produk :
- Pengukuran tekanan darah dan denyut nadi.
- Teknologi AFIB untuk deteksi fibrilasi atrium (kondisi gangguan irama jantung / aritmia yang spesifik). Pasien yang memiliki Atrial Fibrillation mempunyai resiko tinggi untuk terkena Stroke.
- Divalidasi secara klinis, digunakan pada anak-anak (12+), pasien diabetes, penyakit ginjal, kehamilan / pre-eklampsia dan obesitas
- Teknologi Gentle+
- Teknologi MAM (Microlife Average Mode)
- Dengan layar ekstra besar
- Cuff fit check
- Indikator untuk klasifikasi tekanan darah
- 99 data memory
- Rata-rata pengukuran yang disimpan
- Indikator gerakan
- Tanggal dan waktu yang dapat disesuaikan
- Indikator baterai lemah


3. Tensimeter Digital Beurer BM-55

Tensimeter Beurer BM-55 bisa menjadi pilihan jika Anda sedang mencari tensimeter dengan desain eropa dan dengan kualitas yang super oke. Beurer BM 55 dibekali dengan layar monitor yang besar berwarna putih menyala dan tombol sensor sentuh menonjol ini memberikan keamanan dan kualitas optimal dengan setiap pengukuran tekanan darah. Fitur unggulan lain yaitu berkat antarmuka PC dan kabel USB, pengukuran dapat ditransfer dengan mudah dan nyaman ke PC dan dikelola menggunakan perangkat lunak "beurer HealthManager" secara gratis. Untuk daya tahan pemakaiannya sendiri tidak perlu diragukan lagi, Beurer juga memberikan masa garansi alatnya hingga 5 tahun lamanya.

Beurer-BM-55

Fitur Produk :
- Indikator istirahat yang dipatenkan untuk hasil pengukuran yang tepat
- Layar XL dengan lampu berwarna putih
- Tombol sensor sentuh
- Pengukuran otomatis dari tekanan darah dan denyut pada lengan atas
- Rata-rata dari semua nilai pengukuran yang disimpan
- Rata-rata tekanan darah pada pagi dan malam untuk 7 hari terakhir
- Tombol START/STOP yang menyala
- Mudah dibaca, layar XL yang menyala
- Ruang memori 2 x 60
- Klasifikasi WHO/deteksi aritmia (denyut jantung tidak teratur)
- Untuk lingkar lengan atas dari 22 - 42 cm
- Tanggal dan waktu/mati otomatis
- Sinyal dalam kasus kesalahan aplikasi
- Indikator baterai lemah
- Tersedia software HealthManager untuk download secara gratis

4. Tensimeter Digital Beurer BM28 + Adaptor

Hal yang spesial dari tensimeter digital Beurer BM 28 ini adalah mansetnya yang berukuran panjang yaitu hingga 42 cm, akan sangat nyaman bagi Anda yang memiliki lengan berukuran besar. Kontrol posisi manset terintegrasi akan memberi Anda kepastian tambahan tentang keakuratan nilai tekanan darah yang di ukur selama setiap pengukuran. Untuk masa garansinya masih sama dengan rekan lainnya di satu merk yaitu 5 tahun garansi resmi service. Dilengkapi dengan adaptor bawaan memastikan Anda dapat menghemat daya baterai.

Beurer-BM-28

Fitur Produk :
- Manset Universal, termasuk untuk lingkar lengan ats yang lebih besar hingga 42 cm.
- Pengukuran tekanan darah dan denyut nadi sepenuhnya otomatis pada lengan atas
- Rata-rata dari semua nilai terukur yang disimpan
- Kontrol posisi manset
- 2 waktu alarm yang dapat disesuaikan
- Tampilan yang mudah dibaca
- 4 x 30 ruang memori
- Indikator risiko
- Deteksi aritmia
- Untuk lingkar lengan atas dari 22 hingga 42 cm
- Tanggal dan waktu / matikan otomatis
- Pesan penggunaan salah
- Indikator baterai lemah
- Dilengkapi dengan Adaptor

5. Tensimeter Digital TensiOne 1 A Onemed - Dengan Suara + Adaptor

Tensimeter Digital TensiOne 1 A Onemed merupakan tensimeter digital pada lengan atas yang dilengkapi dengan panduan suara berbahasa Indonesia, membantu memberikan pengukuran lebih akurat dan tepat. TensiOne 1 A Onemed ini juga sudah dilengkapi dengan adaptor tambahan yang memudahkan serta menghemat biaya pergantian baterai. Panduan suara pemakaian serta hasil juga akan memberikan hasil yang lebih akurat, sangat cocok untuk pengguna awam. Meski hanya dibekali garansi 1 tahun, TensiOne 1 A Onemed cukup awet dibandingkan dengan tensimeter merk lainnya dengan harga dibawah 500 ribu.

Tensione-Bersuara

Fitur Produk :
- Dilengkapi suara bahasa Indonesia untuk pentunjuk pemakaian
- Ukuran manset 22-32 cm
- LCD layar besar
- Indikator pemakaian manset
- Indikator gerak tubuh
- Deteksi detak jantung tidak beraturan
- 60 memori pengukuran
- 3 rata - rata pengukuran terakhir
- Dilengkapi tanggal dan waktu
- Dilengkapi tempat penyimpanan
- 4 buah baterai + Adaptor
- Buku petunjuk
- Kartu garansi

6. Tensimeter Omron HEM-6232T

Untuk tensimeter pergelangan tangan kami sangat merekomendasikan Tensimeter Omron HEM-6232T. Terbaru dari Omron, Tensimter Digital HEM-6232T menyediakan sinkronisasi data pengukuran tekanan darah Anda ke aplikasi OMRON Connect melalui smartphone dengan konektivitas Bluetooth. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang hampir tidak memiliki waktu untuk memeriksakan tekanan darah serta tidak suka membawa barang-barang besar. Bentuk tensimeter Omron HEM-6232T yang kecil dan ramping memudahkan untuk disimpan dimana saja bahkan didalam saku sekalipun. Anda dapat dengan mudah menyimpan dan mengeluarkanya apabila sudah memiliki waktu senggang, menjadikan pemantauan kesehatan menjadi mudah dan nyaman, kapan saja dan di mana saja. Meski bentuknya kecil, daya tahannya tidak perlu diragukan lagi. Omron juga memberikan jaminan berupa garansi selama 5 tahun, sangat oke bukan?

Omron-6232T

Fitur Produk:
- Teknologi IntelliSense
- Indikator pemakaian Manset
- Indikator detak jantung tidak beraturan
- Indikator Tekanan darah
- Indikator Hipertensi
- IntelliWrap Cuff
- Inflasi yang hening tidak berisik
- Hasil Rata-rata 3 pengukuran terakhir
- Pemantauan Melalui Aplikasi OMRON COnnect di smartphone Anda, mengelola data kesehatan menjadi mudah
- Memori 100 x pengukuran dan penyimpanan untuk 2 orang menggunakan sakelar - Dilengkapi dengan tanggal dan waktu
- Dengan konektivitas Bluetooth teknologi energi rendah

7. Tensimeter Digital Jumper JPD-HA200 dengan Suara

Terbaru dari Jumper, tensimeter ini mungkin bisa jadi pilihan Anda yang mencari kualitas bagus, tahan lama namun dengan harga yang relatif murah. Tensimeter Jumper JPD-HA200 merupakan tensimeter digital dengan kemampuan menyimpan 99 memory hasil test, di lengkapi dengan suara yang membantu membaca hasil tekanan darah kamu. Dengan desain yang portable, serta ringan cocok dibawa saat traveling.

Jumper-JPD-HA200

Fitur Produk :
- Di lengkapi dengan suara yang dapat membaca hasil pengukuran
- Pengoperasian menggunakan batterai AAA 4x
- Dapat membaca hasil 3X pengukuran rata-rata (untuk mengetahui hasil yang akurat)
- Menampilkan hasil yang cepat ke dalam monitor
- Manset/cuff yang besar
- Dapat menyimpan 99 memory hasil test
- Desain yang mini,portable dan mudah di bawa travelling

Nah, itulah rekomendasi tensimeter digital yang awet untuk pemakaian jangka panjang. Selain garansi panjang yang ditawarkan, fiturnya juga tidak perlu diragukan lagi. Daya tahan pemakaiannya cukup bagus, pastikan Anda merawat tensimeter yang dibeli dengan sesekali membersihkannya dengan kain kering dan menyimpannya ditempat bersih.