Peradangan dan pembengkakan pada otot atau persendian serta menimbulkan rasa sakit hal ini yang disebut dengan rematik. Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan kondisi dimana kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sendi yang sehat sehingga menimbulkan peradangan pada sendi. Dikarenakan penyerangan secara terus menerus kepada jaringan yang sehat dapat menyebabkan kerusakan sendi secara permanen. sehingga persendian menjadi terbatas dan fungsi sendi tidak dapat digunakan secara optimal. Bagaimana caranya agar rematik bisa reda. Salah satunya dengan lampu infrared


Mengapa Lampu Infrared Disarankan Untuk Terapi?



Beurer IL 21


- Lampu infrared adalah cara untuk meghilangkan rasa nyeri dengan efek samping yang sangat sedikit
- Rasa hangat bisa membuat badan menjadi rileks dan cocok apabila berada di musim dingin.
- Bisa meyesuaikan jadwal kerja di malam hari. Apabila dalam kondisi lembur.
- Menghilangkan rasa sedih dan rasa sulit tidur yang menjadi hal terburuk bagi manusia.
- Membantu menurunkan berat badan.
- Membantu mempelancar peredaran darah.
- Mengurangi peradangan.


Aturan Pemakaian Lampu Infrared


- Tidak disarankan bagi orang yang mengalami penyakit kulit akibat dari cahaya infrared.
- Risiko akibat dari menggunakan lampu infrared di wajah apabila mata tidak tertutup akan berbahaya bagi mata anda. Mata yang terpapar sinar infra merah akan mengalami kerusakan pada bagian kornea. Kerusakan kornea mata bisa membuat penglihatan Anda menjadi buram sehingga memerlukan tindakan keratoplasty atau operasi pencangkokan kornea mata.
- Lebih baik minta anjuran dari dokter apakah anda memiliki alergi, apakah lampu infrared adalah hal yang tepat.
- Bila tidak tepat menggunakannya bisa mengalami dehidrasi. Tubuh yang terus terpapar sinar infra merah pun akan mengalami penebalan kulit. Tak sampai situ, penebalan kulit ini juga berisiko berkembang menjadi kanker kulit.




Apa saja yang harus diperhatikan?


Lampu Philips PR3110


Jarak yang disarankan dalam menggunakan lampu infrared yang bekekuatan 10.000 lux yaitu antara 30-50cm. Jika kekuatan lampu hanya 2500 lux, maka jaraknya cukup 20 cm. Atau bisa juga minta saran dari dokter.
Lakukanlah secara rutin. Agar tubuh tetap dapat merasakan khasiatnya dari lampu infrared.
Apabila mengalami iritasi kulit. Harap hentikan penggunaanya karena akan berisiko lebih bila masih ingin dilanjutkan Waktu yang disarankan untuk lampu yang bekekuatan 10.000 lux adalah 20-30 menit dalam sehari. Untuk lampu yang berkekuatan 2500 lux jauh lebih lama.


Apa itu lux?


Pengertian Cahaya Lux


Lux adalah satuan ukuran yang dipakai untuk mengukur fluks cahaya per meternya. Bisa terlihat di buku petunjuk bagi anda yang ingin tau berapa besar lux yang terdapat di lampu infrared sebelum membelinya.


Perlu diingat


lampu bisa mati sewaktu-waktu dan harus diganti serta lampu tidak memiliki garansi. Yang digaransikan hanya mesinnya. Jadi jika lampu rusak, bisa beli lampunya saja. Kemudian pastikan anak anda tidak memaikannya terutama jika mereka sampai menyinari matanya dengan lampu. Karena itu sangat berbahaya bagi mata mereka.

Untuk membeli lampu infrared, ada beberapa merek dan tipe yang kalian bisa beli salah satunya:

Lampu Beurer IL 11

Lampu Beurer IL 11


Lampu infrared yang mungil dan berdaya watt rendah hanya 100 watt. Bisa diatur 5 sudut secara vertikal dan bergaransi 3 tahun untuk mesinnya. Lampu ini bisa menjadi referensi anda untuk yang ingin hidup sehat namun ingin yang praktis dan lebih terjangkau. Cukup dengan masukan colokan kabel ke stop kontak lampu sudah menyala dan siap dipakai.

Lampu Beurer IL 21

Lampu Beurer IL 21


Tipe yang lebih upgrade dari IL 11. Dengan berdaya 150 watt. Lampunya lebih besar dan lebih efektif untuk menghilangkan rasa sakit di dalam tubuh dengan pengaturan 5 sudut secara vertical, anda bisa mengatur bagian mana yang anda ingin disinari lampu tersebut.

Lampu Beurer IL 35

Lampu Beurer IL 35


Kehebatan lampu IL 35 dengan lampu yang besar serta memiliki timer. Sehingga bisa diatur durasi pemakaian agar tidak berlebihan dalam menggunakan lampu tersebut. Ada 3 pilihan waktu yang bisa digunakan yaitu 5 menit, 10 menit, dan 15 menit. Lampu akan mati otomatis apabila timernya sudah habis. Daya 150 watt dan bisa diatur 5 sudutnya secara vertical.

Lampu Beurer IL 50

Lampu Beurer IL 35


Dengan waktu yang bisa diatur antara 1-15 menit dan bidang datar radiasi 30x40 cm serta sudutnya bisa diatur ke atas dan ke bawah dari 1 sampai 50 derajat dan berdaya 300 watt. Lampu ini bisa jadi referensi pilihan lampu anda.

Philips infraare PR3110

Philips infraare PR3110


Lampu yang satu ini. Bergaransi 2 tahun. Kehebatanya bisa berdaya 150 watt dan bisa daitur sudutnya hingga 40 derajat. Kemudian timernya yang bisa diatur dengan diputar seperti memutar timer mesin cuci serta kokoh berdiri menjadi pilihan yang pas ketika ingin membeli Philips infracare PR3110.



Sumber
https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/light-therapy/about/pac-20384604
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/infra-merah
https://id.wikipedia.org/wiki/Lux